Wina, Austria (1): Kemeriahan New Year’s Market di Depan Istana Schönbrunn

Di sekitar pasar adalah bangunan yang jadi bagian dari istana schönbrunn.
Kuliner seperti brezeln.
Menikmati secangkir cokelat panas asyik juga.
Kerajinan tangan yang terbuat dari kertas.
Semakin sore, semakin bertambah pengunjungnya.

Liburan di Jerman sudah berlangsung sejak satu minggu ini, hingga nanti tanggal 6 Januari 2019. Tradisi sebagian besar orang-orang di sini tak ubahnya di Indonesia, pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga. Kota-kota yang dipenuhi mahasiswa biasanya sudah mulai sepi karena mahasiswa perantau sudah mudik. Natal bagi orang Jerman adalah hari liburan bersama keluarga.

Natal baru saja berlalu beberapa hari lalu. Menjelang natal, tiap kota di Jerman boleh dikatakan menggelar pasar rakyat yang disebut christkindlmarkt atau weihnachtsmarkt. Rupanya pasar menjelang natal ini juga diadakan di negara tetangga, Austria. Jika saya amati, pasar ini pun tak ubahnya seperti di Jerman yang menjual kebutuhan persiapan natal serta kuliner di musim dingin.

Sayangnya natal sudah berlalu. Kami datang ke ibukota Austria, Wina saat menjelang tahun baru. Pasar Natal sudah berakhir saat minggu keempat Adven, atau sekitar tanggal 23 Desember. Konon pasar natal di Wina terbesar diselenggarakan di depan Rathaus, kantor pemerintahan. Ada 150 gerai penjualan yang berpartisipasi di sini.

Awalnya pasar natal di Wina diselenggarakan pertama kali tahun 1772. Tradisi pasar rakyat ini dilakukan untuk menjual kerajinan tangan sebagai persiapan merayakan natal dan ajang seni seperti paduan suara juga konser musik menyambut natal. Tradisi ini dipertahankan hingga sekarang, bahkan setelah natal berakhir. Pasar rakyat menjelang tahun baru ini disebut New Year’s market yang masih berlangsung hingga 6 Januari tahun depan.

Salah satu pasar menjelang tahun baru atau new year’s market yang baru saja kami kunjungi berlokasi di depan kastil Schönbrunn. Pasar ini menjadi meriah dan menarik karena lokasinya yang dekat dengan istana terindah di Wina. Istana bergaya barok dengan dikelilingi taman yang menawan menambah minat pengunjung untuk datang berbelanja atau sekedar mengambil foto.

Pasar ini menjual aneka kerajinan tangan dan produk rakyat. Pengunjung yang sebagian besar adalah turis tampak senang memadati tiap lapak penjualan. Turis bisa saja datang berkunjung ke istana atau berkunjung ke dua tempat sekaligus yakni istana schönbrunn dan pasar menjelang tahun baru. Banyak juga turis termasuk kami mencicipi kuliner yang nampaknya istimewa.

Bagaimana hari Minggu anda bersama keluarga?

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

One thought on “Wina, Austria (1): Kemeriahan New Year’s Market di Depan Istana Schönbrunn”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.