Pilih Bienenstich atau Baumstriezel, Sama-Sama Ada Kacang Almond: Kue Khas Jerman (5)

Kacang almond.
Kue Bienentisch.
Kue Baumstreizel.

Kacang almond adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang banyak digunakan untuk pastry. Rasanya yang lezat dan bergizi menambah citarasa kue yang dibuat. Begitu pun dua kue yang dibahas berikut dengan menggunakan kacang almond sebagai penambah citarasa. Saya paling suka almond disajikan sebagai dekorasi dan diletakkan di sekitar kue ketimbang almond dicampurkan dalam tepung adonan.

Rasa kacang almond juga banyak digemari dalam makanan khas Timur Tengah seperti yang saya tulis di sini. Di atas nasi diberi taburan kacang almond nampaknya memikat. Ya, kacang almond memang banyak dihasilkan di daratan timur tengah, disamping eropa seperti spanyol misalnya. Kacang almond banyak mengandung vitamin, protein dan karbohidrat. Kacang almond juga bisa menghasilkan minyak almond yang mengandung omega tinggi.

Berikut dua kue dengan kacang almond yang saya temukan di sini.

Bienentisch

Kue ini paling banyak saya jumpai di toko kue di sini. Bienentisch bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti “sengatan lebah” yang terdengar menyeramkan. Menurut sumber dikatakan bahwa kue ini diciptakan untuk merayakan keberhasilan suatu desa memukul mundur perampok yang datang. Perampok itu lari tunggang langgang karena penduduk desa melemparkan sarang lebah kepada mereka. Untuk merayakan kemenangan itu, penduduk desa mengkreasikan kue bienentisch.

Di sisi lain, orang Jerman selalu berpikir logis maka saya menemukan alasan lain penamaan kue ini. Kue ini terdiri dua bagian yang dipisahkan dengan buttercream. Di sini dikenal dengan sahne. Meski begitu saya pernah juga menemukan toko kue menggantikan sahne dengan vanila cream, namun rasanya menjadi ajain menurut saya. Lalu di atas kue, diberi taburan kacang almond. Nah, untuk merekatkan kacang almond di atas kue, digunakan madu. Ada juga toko kue yang masih menyiramkan madu lagi saat kita memesan kue tersebut. Itu sebab, nama kue menjadi kue “sengatan lebah”. Lebah menghasilkan madu.

Kuenya benar-benar enak dan manisnya tidak berlebihan. Kacang almond justru memperkaya citarasa kue ini yang menurut terasa simpel. Jika anda datang ke Jerman, silahkan pesan kue ini!

Baumstreizel

Kue kedua yang saya perkenalkan adalah baumstreizel. Kue ini sering ada di acara festival di Jerman, semisal Christkindlmarkt atau festival musim panas. Awalnya saya pikir kue ini berasal dari Hungaria karena saya melihat pertama kali di Budapest, sebagaimana yang saya ceritakan di sini. Kue ini dibuat dengan cara diuleni, dipanggang kemudian diberi taburan rasa sesuai yang kita suka. Akhirnya saya pilih rasa taburan kacang almond.

Rupanya kue ini juga ada di Jerman. Dalam bahasa Hungaria, kue ini disebut Kürtőskalács sedangkan di Jerman, namanya menjadi baumstreizel. Bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia maka kue ini berarti kue teralis pohon. Nama yang lucu. Namun memang selesai kue dipanggang di oven, maka kue adonan yang semula putih menjadi guratan seperti pohon dengan warna kecokelatan seperti batang pohon. Ada juga yang menyebutnya kue cerobong karena bentuknya.

Kue ini terdiri atas adonan ragi yang dibuat bulat dengan alat tertentu. Kue ini berasal dari Eropa Timur seperti Hungaria, Rumania dan Slowakia. Selesai diuleni, kue dibentuk sesuai cetakan yang ada dan digiling menyerupai cetakan. Adonan dipanggang dalam oven panas beberapa saat. Setelah itu, kue dibaluri mentega cair sebelum ditaburi selera yang disuka. Karena saya memesan kacang almond, maka kue dibaluri kacang almond dan dipijat pada kue agar melekat.

Begitulah cerita saya tentang dua kue almond yang sama-sama enak. Anda sendiri, apakah ada cerita soal kue almond lain?

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

One thought on “Pilih Bienenstich atau Baumstriezel, Sama-Sama Ada Kacang Almond: Kue Khas Jerman (5)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.