FOOD

Teh Hitam, Begini Manfaat yang Perlu Diketahui

Ini contoh teh hitam yang saya minum, bukan kopi meski warnanya hitam.

Teh hitam yang lainnya.

Teh hijau warnanya selalu lebih terang dan cerah ketimbang teh hitam.

Apakah anda pecinta minum teh? Jika ya, saya akan jelaskan manfaat teh hitam yang saya dapatkan di Jerman. Saya lebih banyak mengkonsumsi teh hijau dalam hidup saya. Di Jerman, saya mendapati aneka macam teh dan mendapatkan pencerahan bahwa minum teh juga baik untuk tubuh.

Saya mengenal teh hitam dari seorang teman asal Srilanka. Dia membawakan sovenir untuk saya dari negaranya saat dia pergi berlibur. Saat saya bertanya, dia pun menjelaskan panjang lebar kandungan manfaat teh hitam. Dia pun mengklaim bahwa Srilanka terkenal dengan teh hitam di dunia. Itu sebab, dia memberi saya teh hitam untuk dicoba di rumah.

Apakah benar teh hitam hanya dari Srilanka?

Suatu kali saya singgah ke kedai makanan Turki. Saat membeli, saya memperhatikan si penjual sedang merebus air dan memasukkan daun teh. Saya bertanya, teh yang sedang dibuatnya. Rupanya teh itu juga adalah teh hitam. Dia mengaku bahwa minum teh hitam adalah kebiasaan sehari-hari yang dilakukannya. Dia sendiri adalah orang Iran. Dari percakapan dengannya, saya menjadi paham bahwa minum teh hitam adalah kebiasaan masyarakat Timur Tengah seperti Iran, Irak, Syria dan sekitarnya.

Mengapa disebut teh hitam?

Karena teh yang dihasilkan warna airnya lebih pekat dan gelap. Sementara teh hijau atau teh yang biasa saya minum punya warna yang cerah dan tidak gelap. Seperti pada foto pertama, teh hitam benar-benar tampak seperti kopi. Rasa kafeinnya juga tampak kuat. Sedangkan teh hitam pada foto kedua, teh tampak berwarna cokelat tua dan tidak hitam. Meski warna teh yang demikian lebih pekat dan gelap ketimbang warna teh hijau pada umumnya.

Teh hitam juga berbeda saat diproses. Teh hitam mengalami fermentasi dan oksidasi, sedangkan teh lain tidak. Manfaatnya akan sangat baik bila minum teh ini tanpa pemanis. Lagi pula teh hitam dipercaya lebih kuat kandungan antioksidannya.

Apa saja manfaat teh hitam?

Setelah mencoba teh hitam, saya penasaran bagaimana manfaat teh tersebut pada tubuh. Teh hitam seperti pada teh umumnya juga mengandung kafein. Namun ada satu yang membedakan teh hitam dengan teh lainnya. Teh hitam mengandung zat polifenol. Polifenol adalah antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan DNA. Sumber lain menyebutkan, teh hitam juga baik untuk melindungi tubuh dari kanker.

Apakah anda tertarik untuk mencoba teh hitam?

Advertisements

Categories: FOOD

Tagged as: , ,

2 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.