Miso Soup, Tradisional Sup Jepang yang Tidak Otentik: Makanan Khas Asia (44)

Sup miso yang dibuat bukan oleh orang Jepang.

Apa yang terbayang dalam benak anda tentang sup miso? Sup miso adalah makanan tradisional dari negeri matahari terbit. Sup miso juga cenderung rendah kalori, tetapi punya kandungan protein yang tinggi. Proteinnya berasal dari kaldu yang digunakan untuk sup miso. Di supermarket di sini, pasta untuk membuat sup miso mudah didapatkan. Itu sebab saya menjelaskan resep membuatnya di pos saya sebelumnya di sini.

Menurut teman saya asal Jepang, kaldu yang digunakan pada sup miso disebut “dashi” dan ini bisa jadi berbeda-beda resepnya antar wilayah di Jepang itu sendiri. Untuk isian sup miso pun juga tergantung selera si pembuat. Sebagai contoh, saya membuat sup miso dengan ikan tuna pada resep sebelumnya. Anda juga bisa membuatnya dengan tahu putih, jika anda adalah seorang vegan atau vegetarian.

Sedangkan sup miso yang saya perlihatkan di atas, miso terdiri atas irisan jamur dan suwiran daging ayam yang sudah dimasak. Tambahan lainnya, ada mie lebar, tauge, daun mint dan daun bawang. Itu artinya, tidak ada aturan bagaimana membuat sup miso seperti membuat sup pho yang berasal dari Vietnam, yang pernah saya ulas di sini. Bahkan teman saya asal Jepang membuat sup miso dengan nori dan edamame. Hmm, rasanya tetap sama hanya saja isian yang berbeda.

Namun pertanyaan saya, bagaimana kaldu miso dibuat? Karena rasanya yang luar biasa lezat menurut lidah saya. Untuk membuat miso diperlukan waktu fermentasi tiga bulan agar bisa menghasilkan enzim yang sesuai. Campuran miso pun beragam tiap wilayah di Jepang. Itu sebab saya katakan, sup miso tak bisa diketahui bagaimana otentiknya.

Meski tidak begitu dikenali otentik sup miso, namun kebanyakan orang Jepang menikmatinya hampir tiap hari. Alasannya sederhana, kandungan enzim dari kaldu miso sangat menyehatkan. Sumber informasi lain menuturkan pasta sup miso adalah sumber probiotik yang baik untuk pencernaan dan nutrisi kulit.

Hmm, apakah anda sudah pernah mencoba sup miso?

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

5 thoughts on “Miso Soup, Tradisional Sup Jepang yang Tidak Otentik: Makanan Khas Asia (44)”

    1. Hmmm, mau tahu aja atau mau tahu bingitz Pak😂😂😂😂 Malahan saya sudah pernah ke karanganyar, colomadu, sekitaran surakarta loh. Itu karena trip on duty😊

      Selamat Tahun Baru, Pak! Salam untuk keluarga🎉

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.