ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Inspirasi Sup di Musim Dingin, Apa Saja?

Kartoffelsuppe mit Speck.

Di tempat tinggal saya sudah turun salju sejak November lalu. Suhu di luar bisa mencapai minus atau cukup nol derajat celcius. Hampir sebagian besar salju menutupi wilayah kami hingga rasanya udara dingin begitu menusuk tubuh saya yang lahir di iklim tropis. Ada banyak cara agar tubuh tetap berasa hangat selama musim dingin. Salah satunya menikmati sup yang hangat.

Sup yang disajikan hangat memang jadi pilihan bagi kami di sini saat musim dingin. Bahkan kafe dan restoran yang biasanya menyajikan makanan dingin semacam sandwich, kini beralih menawarkan sup sebagai pilihan untuk pelanggan. Bagaimana pun sup ditawarkan dengan pilihan yang menyehatkan dan nilai gizinya baik untuk tubuh. Saya juga suka makan sup karena porsinya yang pas dan tidak besar. Makan satu porsi sup di sini biasanya disertai dengan satu potong roti.

Kali ini saya bagikan lima ide sup yang sudah saya coba di musim dingin ini. Semua dirangkum dari kafe, restaurant, hotel hingga kantin kampus. Siapa tahu anda membutuhkannya?

1. Goulasch suppe.

Sup goulasch asalnya dari Hungaria, namun kini bisa dinikmati dimana saja di Jerman. Meski teman saya asal Hungaria menyangkal bahwa sup ini tidak otentik, namun goulasch suppe tetap disukai dan dipesan banyak orang kala musim dingin. Goulasch suppe yang otentik dari Hungaria bisa anda lihat di sini. Kuahnya kental dengan rasa kari dari paprika ditambah sedikit daging sapi sudah membuat saya ketagihan. Kreasi goulasch suppe ada banyak, namun saya bagikan yang umum seperti pada foto di atas. Warna merah paprika adalah ciri umum sup ini.

2. Kartoffelsuppe mit Speck

Sup selanjutnya adalah sup kentang dan kaldu daging. Kentang dan wortel dipotong kecil-kecil kemudian ditumis dengan mentega. Beri kaldu daging sapi dan didihkan hingga sekitar 35 menit. Cincang halus Speck dan goreng hingga renyah. Masukkan dalam sup dan tambahkan creme fraiche, sedikit garam dan lada ke sup. Tambahkan kaldu sayur di sekitar piring sebagai aksesoris.

3. Kürbiscremesuppe

Sup berikut juga cukup tasty untuk dinikmati. Sup ini saya dapatkan saat makan malam di hotel. Jika anda suka labu kuning, maka pilihan sup berikut tepat. Tumis labu yang sudah dipotong kecil-kecil dalam wajan panas yang diberi mentega. Tambahkan kaldu sayur atau kaldu sapi sesuai selera anda. Beri sedikit air dan bumbui garam, lada, thyme cincang dan ketumbar halus. Setelah setengah matang. Blender hasilnya dan masak lagi dengan krim kocok. Anda bisa tambahkan di atas sup, roti potong dan daun ketumbar.

4. Chilli con carne

Sup terakhir juga asyik untuk dinikmati saat musim dingin seperti sekarang ini. Saya pernah mencoba membuatnya seperti pada link berikut.

5. Pilzcremesuppe

Sup terakhir yang bisa menginspirasi anda adalah pilzcremesuppe. Sup ini saya dapatkan di kantin kampus. Setiap minggu mahasiswa mendapatkan daftar menu selama satu minggu. Setelah membacanya di akun mahasiswa, saya pun penasaran membelinya.

Sup ini terdiri atas jamur kancing yang ditumis lembut dan dihancurkan dengan juicer bersama bumbu. Saya merasakan bau cengkeh dalam ramuan sup. Ada tambahan krim sayur sehingga menjadi sup yang nikmat.

Dari kelima sup di atas, mana yang menarik menurut anda?

Advertisements

Categories: ALL ABOUT DEUTSCHLAND, FOOD

Tagged as: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.