TRAVELING

Bratislava, Slowakia (1): Gereja Biru yang Instragramable Dan Diburu Untuk Berfoto

Menara gereja biru.

Dari sisi lain.

Gereja biru tampak kejauhan.

Karena tertutup, saya memotret dari kaca jendela. Tampak dalam gereja pun bernuansa biru pastel.

Berbagai isu kekinian yang menjadi spot foto memang sedang digandrungi. Tua muda artinya tidak hanya oleh anak muda, senang juga mendapati suatu tempat yang indah sebagai obyek foto. Mereka pun berburu tempat yang instragamable agar bisa menarik mata. Ini pula yang saya rasakan kala pertama kali menjejakkan kaki di Bratislava, ibukota Slowakia.

Hari pertama di Bratislava, saya ditemani suami segera meluncur ke gereja biru. Mengapa disebut begitu? Anda pasti percaya bahwa tampilan gereja yang demikian wajar bila dikatakan bahwa ini adalah gereja biru. Warna pastel pada gereja seperti tampak indah bagi pemburu foto. Banyak turis datang hanya untuk mendapatkan gambaran depan gereja. Pasalnya gereja katolik tersebut memang tidak dibuka jika sedang tidak ada kegiatan ibadah.

Aslinya ini adalah gereja katolik St. Elizabeth. Dalam daftar destinasi wisata, dikatakan “The Blue Church” atau “The Church of St. Elizabeth”. Letaknya di timur dari Bratislava dan memang agak jauh dari old town. Karena bentuknya yang kecil, ini bisa disebut juga kapel. Bahkan letaknya yang berdekatan dengan sekolah, dikatakan ini juga kapel milik sekolah. Kapel ini didekasikan untuk seorang putri dari Hungaria, yang bernama Elizabeth. Bangunannya yang dibangun seperti mosaik dan diberi warna biru pastel menyebabkan kapel ini menjadi tersohor.

Kapel ini dibangun sekitar awal tahun 1900-an. Gaya arsitektur bangunannya terbilang baru dibandingkan bangunan gereja katolik pada umumnya. Ini adalah ciri yang banyak ditemukan di Eropa awal tahun 1900an. Bentuknya memang total seni dengan keseluruhan warnanya yang biru pastel sehingga indah dipandang di mata.

Saat kami datang, pintu gereja tampak tertutup. Banyak sekali orang hanya untuk memotret bagian luar gereja. Ada juga yang sesekali berselfie atau membuat video dari kunjungan ke gereja biru tersebut. Tetapi memang kita tidak bisa memasuki gereja seperti umumnya gereja katolik lainnya.

Rasanya cocok jika kita menyematkan Bratislava sebagai kota instragamble. Nantikan juga spot foto lainnya di kunjungan berikutnya!

Selamat berhari Minggu!

Advertisements

Categories: TRAVELING

Tagged as: ,

2 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.