Kreasi Sendiri (11): Tiga Ide Pisang Cokelat Ini Buat Maniskan Hari

Ingin maniskan hari? Barangkali ide kreasi pisang dan cokelat di bawah ini bisa menjadi pilihan anda. Cara membuatnya mudah dan praktis. Ini bisa jadi panduan buat anda untuk membuat cemilan di sela-sela makan siang. Bagaimana pun pisang dan cokelat ternyata punya banyak kandungan gizi. Selain itu, mencoba salah satu dari tiga kreasi di bawah sudah cukup mengenyangkan.

Baiklah, kita langsung saja pada tiga kreasi makanan tersebut dan langkah membuatnya.

1. Sate Pisang Cokelat

Sate pisang cokelat mungkin terdengar aneh. Selama ini kita mengenal sate hanya daging yang ditusuk. Namun kali ini saya mencoba pisang yang dibuat sate.

Caranya mudah. Siapkan cokelat batang yang biasa digunakan untuk membuat kue. Potong-potong cokelat menjadi lebih kecil dan masukkan dalam sebuah panci. Biarkan hingga lumer dan singkirkan sementara.

Ambil satu potong pisang. Potong menjadi dua bagian sama besar. Tusuk satu potong pisang pada satu bilah tusuk bambu. Kemudian masukkan pisang ke dalam cokelat yang sudah dilumerkan. Dan pisang cokelat pun siap disantap. Mudah ‘kan!

2. Piscok

Bisa jadi buat anda piscok atau pisang cokelat bukan hal baru. Namun bagi saya menjadi hal baru ketika saya mencoba praktik membuatnya di Jerman. Dengan begitu, anda tidak perlu lagi membeli di luar, cukup membuatnya di rumah. Jika saya bisa membuatnya di perantauan, mengapa anda juga tidak coba membuatnya?

Caranya mudah. Siapkan minyak goreng, pisang, nutella cokelat dan kulit lumpia, yang disebut puff pastry untuk membuat spring roll. Saya biasa membelinya di bagian Asia Shop.

Siapkan wajan dan isi dengan minyak goreng hingga bisa merendam piscok nantinya. Sambil menunggu minyak panas, siapkan kulit lumpia. Letakkan di tepi kulit lumpia, potongan pisang dan satu sendok kecil nutella cokelat. Lipat seperti membungkus hadiah. Di ujung kulit lumpia, beri sedikit air agar bisa melekat. Masukkan dalam minyak panas dan goreng hingga kecokelatan.

3. Crepes pisang cokelat

Berikutnya ide yang mungkin sudah pernah anda coba makan. Karena makanan ini sudah populer di Jakarta dan sekitarnya. Ya, crepes adalah makanan yang juga populer sebagai jajanan festival di Jerman. Harganya bervariasi, termasuk isian yang dikehendaki dalam crepes pun bervariasi. Nah, sekali waktu saya membuatnya di rumah.

Untuk membuatnya, anda perlu membeli kulit crepes yang juga sudah terjual di supermarket di Jerman. Jika tidak menemukannya, silahkan membuatnya sendiri! Cek resep membuat kulit crepes di link ini! Lainnya, siapkan juga pisang, nutella cokelat, butter dan gula icing jika ada.

Panaskan wajan dengan butter. Ambil 1 lembar kulit crepes, tambahkan potongan pisang dan satu sendok kecil nutella. Tutup kulit crepes sesuai kreasi anda! Masak hingga 2 menit. Kemudian sajikan dengan menaburkan gula icing.

Kesimpulan

Dari tiga kreasi yang saya tawarkan, manakah yang anda suka? Satu hal menarik membuat jajanan sendiri di rumah, anda bisa mengatur kadar manisnya dan lebih sehat. Semoga hidangan di atas, membuat hari anda semakin manis.

5 thoughts on “Kreasi Sendiri (11): Tiga Ide Pisang Cokelat Ini Buat Maniskan Hari

    1. Masak nomor 1 disebut piscok? Bukannya nomor 2 yang disebut piscok? 😀 kemaren mahasiswa Indonesia di sini bikin piscok ya modelnya yang nomor 2. Kalo nomor 3, itu banana chocolate crepes gitu… 😀 😀

      Like

Leave a comment