FOOD

Makan Siang ala Timur Tengah: Makanan Khas Timur Tengah (7)

Seiring dengan migrasi yang terjadi di Eropa dari berbagai belahan dunia, termasuk negara-negara di timur tengah maka ketersediaan bahan makanan pokok hingga restoran ala timur tengah pun sudah mulai menjamur di benua biru ini. Di Jerman saat ini pun saya bisa menjumpai makan siang ala timur tengah meski saya sendiri belum menginjakkan kaki ke sana. Saya pun memesan makan siang ala timur tengah di salah satu restoran di sini. Ini bisa jadi pilihan anda manakala anda juga berkunjung ke sini.

Makan siang ala timur tengah rupanya tak hanya digemari oleh para warga negara asing yang menetap di sini, namun saya juga mendapati ada saja warga jerman yang penasaran dengan kuliner ini. Kebanyakan para petualang rasa bukan orang timur tengah adalah mereka yang merupakan golongan vegetarian, tidak makan daging. Pilihan makan siang nasi ala timur tengah jadi favorit mereka.

Pertama adalah nasi rempah. Di Indonesia ada ragam nasi seperti nasi uduk, nasi kuning dan nasi goreng. Nasi ala timur tengah menyajikan rempah-rempah dengan sentuhan paprika dan sedikit kunyit di dalamnya. Rasa nasi ini tidak pedas pun tidak hambar, cukup nikmat. Cocok jika disajikan dengan beras basmati, yang punya bulir panjang dan wangi khas.

Nasinya dalam satu piring memang sedikit, tetapi ada roti arab juga. Roti ini terbuat dari gandum yang dipanggang dalam bara api. Saat disajikan, roti masih tampak hangat. Ditambah pula ada falafel, bola goreng rempah yang cukup kesohor di timur tengah. Saya sendiri pernah membahas falafel di link ini. Dengan roti arab dan falafel, anda bisa menikmatinya dengan yoghurt berbumbu yang diletakkan di tengah piring. Nikmat!Menurut teman asal Pakistan, yoghurt berbumbu juga menjadi kuliner yang khas buat mereka.

Belum selesai, masih ada dua salad sayur yang menggoda buat pecinta salad. Kedua salad ini tentu saja berbeda rasa dan menyegarkan. Tambahan lagi semacam krupuk yang benar-benar crunchy.

Terakhir yang tak mau ketinggalan adalah hummus. Pada foto tampak warna cokelat terang yang diberi biji wijen hitam untuk pemanis. Hummus dikenal sebagai otentik makanan khas timur tengah. Hummus bisa dioleskan di roti arab atau falafel. Hummus sendiri terbuat dari kacang yang dihaluskan ditambah rempah lainnya seperti lemon, minyak zaitun, bawang putih dan garam.

Apakah anda sudah pernah mencobanya?

Advertisements

Categories: FOOD

Tagged as: ,

3 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.