TRAVELING

Kofola, Kopi Dalam Minuman Bersoda di Slowakia: Bratislava (3)

Anda pasti penasaran jika saya cerita bahwa ada minuman kopi bersoda. Pasalnya, saya yang juga peminum kopi mendapati taste yang berbeda sebagai pengalaman menarik saat traveling. Ya, namanya kofola. Anda hanya bisa mendapatkan minuman ini di Ceko dan Slowakia. Dulu memang kedua negara ini bersatu, sekarang menjadi dua negara bertetangga.

Di suatu siang menjelang waktu makan, saya mencolek suami, memberi tanda untuk berhenti di restoran di pusat kota Bratislava. Dia pun setuju. Kami bermaksud berhenti di salah satu restoran. Mengingat kota tua Bratislava menjadi destinasi utama turis maka begitu banyak restoran yang bisa dipilih. Restoran selera lokal hingga internasional tersedia di sini. Kami pun sepakat berhenti pada restoran yang mengklaim restoran tradisional yang menyediakan menu lokal. Tentang rekomendasi restoran ini menyusul dituliskan.

Restoran begitu penuh. Mungkin karena udara di luar yang begitu dingin atau waktu makan siang memang sedang berjalan. Beruntungnya ada tamu yang duduk di jendela sudah selesai, mereka mempersilahkan kami untuk duduk. Kami pun segera mengecek menu yang tertera di buku menu.

Hal pertama yang ditanyakan pramusaji adalah minuman yang dipesan. Saya yang mendapat giliran pertanyaan mendadak bingung, apa yang akan menjadi minuman saya? Sementara suami memilih minuman soft drinks yang sudah umum. Saya pun berdialog dengan pramusaji dalam bahasa Inggris.

“Saya mau minuman yang segar tetapi saya tidak ingin minuman alkohol.”

Lalu si pramusaji menawarkan minuman soft drinks yang sama seperti suami saya. Saya pun menggeleng.

Saya bertanya lagi

“Apakah anda punya kopi?”

“Ya, kami ada kopi, cappucino, caffe latte. Anda mau yang mana?

Tiba-tiba pertanyaan konyol saya muncul.

“Apakah anda punya minuman kopi tradisional dari Slowakia?”

Sebenarnya pertanyaan di awal sungguh-sungguh tidak ada hubungannya, antara minuman segar dengan minuman kopi tradisional.

Beruntungnya si pramusaji itu masih sabar melayani saya, meski saat itu penuh tamu di dalam restoran. Barangkali orang Slowakia tahu bagaimana memperlakukan turis seperti dengan saya dengan baik. Suami saya yang duduk di sebelah sudah tampak tak sabar karena melihat saya masih berdialog soal minuman. Lapar!

Akhirnya si pramusaji cantik itu pun mengeluarkan pernyataan begini,

“Anda perlu mencoba minuman lokal di sini. Namanya Kofola. Ini minuman soda dan ada kafeinnya, sama seperti kopi.”

Selesai berbicara begitu, pramusaji segera bergegas ke tempat lain karena panggilan untuk melayani tamu yang lain menanti.

Tak lama kemudian, dia sudah datang membawakan pesanan minuman kami berdua.

Kofola itu punya rasa yang berbeda dari kebanyakan soft drinks yang pernah saya coba. Ada taste kopi dan soda dalam mulut. Minuman ini diklaim tak banyak mengandung gula dibandingkan minuman soft drinks umumnya. Ada campuran herbal di dalam rasa kofola. Di supermarket, saya menjumpai kofola dalam berbagai rasa seperti lemon, karamel, dan lain-lain.

***

Menurut teman asal Slowakia, kofola adalah minuman istimewa yang sudah dinikmatinya sejak kecil. Kini saat teman saya ini sudah tidak berada lagi di Bratislava, dia masih belum menemukan minuman dengan rasa yang sama seperti kofola di luar Slowakia. Sambil bernostalgia, teman saya asal Slowakia ini berpendapat bahwa minuman non alkohol ini adalah sumber kebanggaan bagi masyarakat lokal.

Hmm, good to know!

Advertisements

Categories: TRAVELING

Tagged as: ,

5 replies »

    • Wah, saya baru denger kopi bir. Kalau kofola itu seperti soft drinks cuma berasa kopi hahahaha… susah oi jelasinnya. Cuma menarik sih buat saya yang tahunya hanya murni kopi.

      Like

  1. Memang minuman ini merupakan saingan utama Coca-Cola dan Pepsi di Republik Ceko dan Slowakia. Kofola pertama kali ditemukan di Institut Penelitian Tumbuhan Pengobatan Cekoslowakia di Praha pada tahun 1959.
    Kofola adalah minuman ringan berkarbonasi yang diproduksi oleh perusahaan Kofola yang bermarkas di Krnov, Republik Ceko.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.