Dua Cara Lain Menikmati Bretzel: Makanan Khas Jerman (50)

Bretzel dengan sosis putih.

Bretzel atau Pretzel adalah salah satu roti yang mudah dijumpai di seluruh Jerman dan sekitarnya. Roti ini begitu berkesan terutama di wilayah Bavaria karena biasa ditemui saat festival minum bir. Seperti saat Oktoberfest, bretzel adalah roti yang paling mudah dikenali dan dijajakan oleh para pramusaji. Rasanya sederhana hanya asin saja.

Bretzel akhirnya juga dikenal dengan istilah pretzel di negeri Paman Sam. Saya pun menjumpainya di Indonesia dan juga restoran Jerman di Singapura. Cerita bretzel yang mendunia bisa anda cek di sini.

Saat ini saya mau berbagi dua pilihan menikmati bretzel yang dijumpai di wilayah Bavaria. Barangkali ide ini menarik anda.

Pertama, bretzel dengan sosis putih.

Selama ini saya hanya tahu sosis itu berwarna merah. Begitu tiba di Jerman, ada banyak pilihan sosis yang membuat saya takjub. Salah satunya adalah saat kolega dari suami ajak kami bertemu di restoran tradisional dengan citarasa lokal di Munich. Karena kami bertemu sekitar jam 10 pagi, ini adalah saat brotzeit.

Kami dipesankan bretzel dengan sosis putih. Untuk menikmatinya bersama bretzel, seperti yang anda lihat ada saus kacang manis. Terbayang bahwa sosis putih tanpa rasa bersama asinnya bretzel dan manisnya saus kacang bercampur di mulut.

Hmmm, silahkan ditebak rasanya!

Kedua, bretzel dengan daun rucola dan bacon.

Pilihan kedua datang dari toko roti atau kafe yang menyajikan sarapan pagi. Bretzel dibelah dua. Kedua sisi bretzel diberi olesan butter berbumbu. Kemudian salah satu sisi bretzel diletakkan daun rucola dan bacon yang sudah siap disantap. Tutup kembali sisi lain dari bretzel.

Anda bisa bayangkan rasa daun rucola yang sedikit bitter dengan asinnya bacon dan bretzel. Jika anda suka, silahkan dicoba!

Dari kedua pilihan ide di atas menikmati bretzel, mana yang anda dipilih?

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

One thought on “Dua Cara Lain Menikmati Bretzel: Makanan Khas Jerman (50)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.