ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Patung Asmat Sampai di Jerman

Salah satu etnis di Indonesia yang terkenal dengan kerajinan ukiran dari kayu adalah suku asmat. Suku asmat berada di timur Indonesia, yakni provinsi papua. Suku asmat ini termasuk suku yang produktif dalam menghasilkan ukiran kayu mengingat ini bisa menjadi sumber mata pencaharian mereka sendiri.

Sewaktu saya berkunjung ke Papua, saya pun mudah mendapati ukiran yang beraneka bentuk mulai dari hewan, tumbuhan hingga manusia. Si penjaga cinderamata bisa mengenali mana yang jadi hasil kerajinan suku asmat atau bukan.

Beralih ke Jerman, suatu kali saya berjalan-jalan di pusat kota. Saya mendapati patung asmat berdiri di luar dan dijual. Menarik! Saya pun segera menghampiri.

Tertarik dengan patung asmat, saya tunjukkan fotonya pada kawan saya yang berasal dari papua. Saya minta pendapatnya.

Menurut beliau, patung asmat ini dibuat untuk mengusir roh jahat. Biasanya roh jahat yang datang dan menghampiri penghuni rumah akan takut melihat patung ini. Itu sebab patung ini punya figur yang menyeramkan agar roh jahat tidak datang menggangu. Ini sebenarnya fungsi kebaikan bagi pemilik rumah.

Saya juga ingat bahwa saya pernah punya teman sepermainan saat masih anak-anak. Ayahnya berasal dari Papua. Jika saya datang ke rumahnya untuk bermain, saya sempat khawatir memandang aneka ukiran di dalam rumah. Saya pikir itu hanya dekorasi semata di rumah. Bisa jadi apa yang disampaikan oleh teman saya bahwa patung ukiran bisa mengusir roh jahat, memang benar.

Para pembuat patung asmat umumnya adalah laki-laki. Mereka lebih suka mengukir di atas bahan material kayu. Jika laki-laki sebagai suami sedang mengerjakan ukiran kayu maka perempuan sebagai isteri bertugas untuk memasak di dapur. Begitulah rutinitas yang terjadi dalam kehidupan suku asmat.

Saya tidak bertanya kepada penjual toko, bagaimana patung asmat ini bisa tiba di Jerman? Bahkan teman kelas saya, berkewarganegaraan Rusia pun menunjukkan dompet batik dari Indonesia. Sovenir ini dijual di toko Asia Shop. Sepertinya memang cinderamata khas Indonesia seperti ini, kain batik, wayang dan hal-hal lain rupanya sudah mulai dilirik pangsa pasarnya ke benua biru.

Good to know!

Advertisements

Categories: ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Tagged as:

4 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.