Panna Cota, Hidangan Penutup nan Mewah: Makanan Khas Italia (19)

Panna cota dengan saus strawberry dan taburan kacang.

Mencicipi dessert sebagai hidangan penutup memang bukan hal yang wajib. Buat saya, dessert biasa saya nikmati dalam kesempatan istimewa saja. Seperti yang baru saja saya lakukan dengan suami saat makan siang di restoran mewah bergaya makanan Italia. Tiba-tiba saya ingin mendapatkan sesuatu yang manis tidak berlebihan dalam mulut saya. Pramusaji pun menawarkan panna cota.

Ya, panna cota adalah hidangan penutup mulut dan berasal dari Italia. Hidangan manis ini cocok bagi anda yang masih ingin menikmati sajian lain setelah makanan utama saja. Itu sebab dikenal sebagai dessert. Makna sebenarnya kata dessert berasal dari Prancis, yang berarti “to clear the table” dan mulai diperkenalkan sejak abad 16.

Hidangan penutup seperti panna cota ini memang jadi sajian mewah karena rasanya yang tak terlalu manis dan bisa dikreasikan dengan istimewa, lebih dari sekedar puding atau es krim. Saya pun melakukan penelusuran bagaimana membuat isian dari panna cota.

Diperoleh contekan bahwa untuk membuat panna cota adalah krim, susu, gula, vanila, gelatin, rum dan marsala. Kemudian penyajiannya, ada yang dicetak dan ada pula yang diletakkan dalam wadah-wadah kecil.

Jika melihat penampilan pastinya sesuai rasanya, enak tentu. Apalagi bagi mereka dessert lovers, panna cota wajib dicoba setelah menyantap hidangan utama.

Meski hidangan pencuci mulut ini belum mendunia, namun hidangan panna cota telah tersedia di Jerman. Saya sendiri belum mahir untuk membuat hidangan pencuci mulut. Namun beberapa teman Italia menuturkan bahwa hidangan ini mudah dibuat.

Panna cota rasa vanila dan cokelat.

Ternyata bentuk panna cota tidak melulu seperti pada foto di atas, saya juga mendapati hidangan ini di restoran mewah lainnya dalam gelas kecil. Warna putih untuk rasa vanila dan warna cokelat untuk rasa cokelat tentunya. Sebagai topping, diletakkan berbagai macam buah yang menggiurkan. Hmm, boleh juga!

Bagaimana menurut anda?

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

One thought on “Panna Cota, Hidangan Penutup nan Mewah: Makanan Khas Italia (19)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.