3 Nasi Berbumbu Mancanegara Berikut Bukan Nasi Goreng. Apa Saja?

Nasi goreng sudah dikenal di dunia, dalam bahasa Inggris disebut fried rice sedangkan dalam bahasa Jerman disebut gebratenen reis. Untuk membuktikan bahwa nasi goreng sudah mendunia, saya bisa mendapati nasi goreng dalam restoran selera asia. Tak hanya itu, beberapa supermarket menyediakan makanan paket nasi goreng yang bisa dihangatkan di microwave. Pastinya pilihan nasi goreng mulai berharga murah hingga mahal tersedia di sini.

Sayangnya saya tidak sedang membahas nasi goreng. Rupanya di negara lain, ada juga kuliner sejenis yang sama-sama menggunakan nasi dan diberi bumbu agar nasi tidak tawar. Untuk membuktikannya, saya sudah mengumpulkannya dari berbagai sumber.

Apa saja?

1. Hack-Topf reis

Nasi berikut biasa disajikan di wilayah tempat tinggal saya di sini. Ibu mertua saya juga kerap menyajikan nasi berbumbu ini saat saya berkunjung ke rumah mereka. Beras yang digunakan sejenis langkorn reis, beras tipe thailand yang panjang dan putih.

Cara membuatnya mudah. Siapkan daging sapi giling, beras langkorn, paprika dan bumbu seperti garam, merica, daun thymian dan bubuk rosemarin. Semua dimasak bersamaan hingga nasi matang. Jika anda tak tahu takaran bumbu, anda bisa membeli bumbu kemasan di supermarket.

2. Djuvec reis

Djuvec reis adalah kuliner khas mediterania dan sekitarnya. Saya sudah beberapa kali mendapatkannya di restoran Yunani dan Kroasia. Anda bisa cek di link hasil saya mencicipi djuvec reis. Djuvec reis termasuk makanan khas mediterania dan sekitarnya.

Seorang teman asal Kroasia datang ke rumah dan memasakkannya untuk kami. Rupanya nasi ini terbuat dari bubuk paprika sehingga menghasilkan warna merah. Untuk menikmatinya, ada oseng-oseng tahu putih dan cabai hijau. Satu yang menarik adalah sausnya yang terbuat dari yoghurt asam, bawang putih dan sedikit daun dill.

3. Syrischer reis

Nasi berbumbu terakhir berasal dari Syria dan wilayah timur tengah. Seorang teman asal Syria membuatkan untuk saya saat saya berkunjung ke rumahnya. Dia berpendapat bahwa nasi tanpa nama ini mudah dibuatnya. Beras yang digunakan umumnya adalah basmati.

Beras dimasak seperti biasa, kemudian diberi kacang polong. Ada tambahan bumbu seperti kaldu sapi, garam, merica dan sedikit daging sapi giling, jika suka. Dimasak bersamaan hingga nasi matang.

Dari ketiga nasi berbumbu di atas, mana yang anda suka?

Advertisements

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

4 thoughts on “3 Nasi Berbumbu Mancanegara Berikut Bukan Nasi Goreng. Apa Saja?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.