FOOD

Soto Ayam, Buatan Mahasiswa Perantau di Jerman: Kreasi Sendiri (15)

Musim dingin tiga minggu lalu sedang berlangsung kala kami yang adalah mahasiswa harus menempuh ujian semester. Berhubung stress menghadapi ujian, sesama teman mahasiswa asal Indonesia punya ide untuk berkumpul dan memasak selera nusantara. Terwujudlah di suatu dapur, kita masak soto ayam untuk mengusir dinginnya salju di luar. Ide memasak ini juga menjadi aktivitas menyenangkan kala para mahasiswa menghadapi minggu ujian untuk semester dingin.

Isian soto ayam adalah irisan telur rebus, bihun, irisan kol, irisan tomat, suwiran daging ayam dan bawang goreng.

Bumbu soto pastinya tidak mudah diracik sendiri, betul ya? Apalagi kami yang berasal dari berbagai penjuru tanah air tidak serta merta pula sering terlibat masak di dapur di rumah masing-masing di tanah air. Namun kerinduan akan masakan nusantara mendorong kami untuk bereksperimen. Ternyata berhasil!

Kami bangga mempersembahkan rincian resep ini. Jika kami yang jauh dari Indonesia saja, bisa membuat soto maka saya yakin anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah.

Pertama, suwiran ayam

Karena keterbatasan informasi Dan keterampilan memasak, maka potongan ayam yang dibeli hanya direbus dalam air mendidih. Kemudian tambahkan garam sedikit. Masak ayam hingga kurang lebih 20-30 menit atau hingga ayam empuk. Setelah ayam matang, goreng ayam dengan sedikit minyak hingga berwarna kecokelatan. Kemudian iris-iris ayam atau disuwir menjadi lebih kecil untuk menjadi isian soto.

Kedua, Bumbu Soto ayam

Untuk membuat soto ayam, ada cara mudah dengan memasukkan bumbu soto ayam kemasan. Berhubung di sini, kami tidak mendapatkan bumbu soto, maka silahkan ikuti cara kami. Bahan yang dihaluskan adalah garam, bawang putih, bawang merah, kunyit dan ketumbar. Setelah kita memiliki bumbu halus, maka tumis bumbu sebentar. Setelah harum, tambahkan air kaldu rebusan ayam sebanyak yang diinginkan untuk menjadi kuah soto. Tambahkan juga dalam rebusan air yakni daun jeruk, daun salam dan batang serai. Beri garam sedikit. Setelah air sudah mendidih mendidih, maka Kita sudah punya kuah soto ayam.

Ketiga bahan pelengkap isian soto

Karena keterbatasan bahan, maka pelengkap soto menggunakan tomat, kol, bihun, daun bawang dan telur rebus. Untuk tomat dan kol, silahkan diiris sehingga menjadi lebih kecil. Rupanya kol disini berbeda, sebaiknya kol direbus di air mendidih sehingga kol terasa matang. Sedangkan bihun, kita masukkan dalam air mendidih dan diamkan 10 menit. Setelah itu, tiriskan bihun dari airnya. Terakhir, telur perlu direbus kemudian dipotong menjadi lebih kecil. Atur semua bahan tersebut dalam mangkuk. Tambahkan irisan daun bawang dan bawang goreng jika suka.

Keempat, Soto ayam

Untuk sajian, bisa tambahkan nasi bersamaan soto ayam atau terpisah. Beri suwiran ayam (lihat nomor satu) dan bahan soto ayam (lihat nomor tiga) pada mangkuk anda. Siram kuah soto ayam (lihat nomor tiga). Kini anda sudah punya soto ayam, yang bisa ditambahkan jeruk nipis.

Percobaan praktik membuat soto ayam selesai. Bahagia itu saat kami bisa membuat makanan yang dirindukan di tanah perantauan.

Selamat mencoba!

Advertisements

Categories: FOOD

Tagged as:

2 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.