ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Käsekuchen atau Birnen Käsekuchen, Enak Mana? Kue Khas Jerman (6)

Di Jerman saya mendapati aneka kue yang benar-benar enak dan dibuat untuk memanjakan lidah. Anda bisa lihat pos saya terdahulu tentang kue yang sudah saya reviu. Itu sudah membuktikan bahwa menikmati secangkir kopi dan kue yang enak itu benar-benar pilihan yang jitu di sore hari. Apalagi di musim dingin seperti sekarang, saya pun tak menolak ketika suami ajak saya menemaninya nonton pertandingan bundesliga di suatu kafe.

Saat ini saya berbagi dua kue keju yang juga khas dan mudah sekali dijumpai di toko kue atau kafe di sini. Dalam literatur bahasa Inggris, bisa jadi kedua kue berikut termasuk cheesecake. Namun tentu saja, keju yang digunakan di Jerman berbeda bahannya. Itu sebab, saya katakan rasa kue di sini sungguh enak. Biasanya dua kue tersebut bisa menjadi satu paket sama kopi. Asyik ‘kan!

Käsekuchen

Kue ini bila diterjemahkan menjadi kue keju. Kue tradisional yang ditemukan di Jerman termasuk kue yang banyak digemari, tidak hanya bagi para keju lovers. Di Austria, saya juga menemukan kue yang sama dan rasa yang juga sama. Hanya saja, kue punya nama berbeda, ini disebut topfenkuchen.

Pembuatan kue ini mudah, meski tak mudah buat saya mencoba panggang kue ini sendiri. Setelah saya cicipi, keju lembutnya memang berasa enak. Ada rasa asam manis bercampur jadi satu. Itu sebab dikatakan kue keju ala Amerika dan Jerman berbeda karena menggunakan keju yang berbeda. Kejunya sendiri dikenal quark sehingga kue ini kadang disebut Quarkkuchen.

Orang Jerman sendiri menyebut kue ini adalah kue klasik karena sejarahnya yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Hal ini dibuktikan dengan resep kue ini yang berhasil dituliskan sejak abad pertengahan.

Birnen Käsekuchen

Masih tentang kue keju, berikutnya adalah birnen käsekuchen. Jika diterjemahkan, nama kue ini sebenarnya berkaitan dengan buah pir (=birnen, bahasa Jerman). Jadi kue diolah dengan meletakkan daging buah pir di dalam kue. Hmm, lezat!

Untuk adonannya hanya mentega, tepung, gula, garam, vanili dan telur. Kemudian remah-remah dari sisa buat kue, diletakkan di atas kue sehingga penampilannya seperti pada foto. Kemudian, ambil potongan daging buah pir dan tiriskan dari airnya. Letakkan di atas kue bersamaan dengan remah-remah kue. Lalu terakhir, tambahkan adonan telur dan keju quark ke atas kue. Panggang dalam oven.

Sekarang anda sudah punya kue keju pir yang siap disantap.

Dari dua keju di atas, mana yang disuka?

Advertisements

Categories: ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.