ALL ABOUT DEUTSCHLAND

“Sendok Sepatu” Penasaran ‘Kan Fungsinya Apa?

“Sendok sepatu” tampak dalam gambar, panjang pendek tergantung pemakaian.

Tampak pelanggan mempraktikkan “sendok sepatu” saat memakai sepatu.

Salah satu benda yang dibawa suami saat datang ke Indonesia adalah schuhlöffel atau schuhanzieher. Kami lebih sering menyebutnya “schuhlöffel”. Menurut suami, benda itu tak mungkin ada di Jakarta. Ternyata memang benar benda itu tidak atau belum ada di Indonesia. Bahkan di seluruh negara Eropa pun belum tentu ada karena saya juga jarang menemukannya di hotel atau toko sepatu. Nah, anda pasti penasaran, apakah schuhlöffel itu?

Schuhlöffel bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti “sendok sepatu” karena memang bentuknya sedikit mirip sendok dan digunakan untuk memakai sepatu. Alat bantu ini memudahkan seseorang mengenakan sepatu dengan nyaman dan sepenuhnya masuk ke dalam sepatu. Sekarang anda pasti percaya bahwa alat ini belum ada di Indonesia. Karena kita berpikir buat apa memakai sepatu perlu alat bantu, namun alat bantu ini praktis dan mempersingkat waktu.

Bagi orang-orang di sini, alat bantu ini membuat orang cepat dan nyaman mengenakan sepatu. Orang Jerman adalah orang yang menghargai waktu sehingga mereka dapat mempersingkat waktu untuk mengenakan sepatu. Alat ini cocok untuk sepatu tertutup seperti sepatu pria, sepatu olahraga, sepatu pantofel atau sepatu yang perlu waktu untuk menguatkan tali-tali sepatu. Saya sudah mempraktikkannya dan ternyata benar bahwa alat ini membuat waktu mengenakan sepatu lebih singkat. Hmm, ajaib memang!

Shuhlöffel amat sangat membantu bagi mereka yang kesulitan menunduk atau jongkok karena mereka harus mengenakan sepatu. Dengan alat bantu ini, kita cukup sedikit membungkuk dan bisa dengan mudah dan nyaman mengenakan sepatu. Alat bantu ini membimbing ujung tumit untuk masuk ke sepatu dengan mudah. Bahan material shuhanzieher atau shuhlöffel terbuat dari kayu, plastik atau metal yang lembut dan nyaman untuk kaki.

Hal menariknya, shuhlöffel tidak hanya ada dalam kebutuhan rumah tangga saja tetapi juga di toko sepatu. Jika kita ingin mencoba sepatu dari toko sepatu di Jerman maka kita perlu shuhlöffel yang biasanya diletakkan di pinggir rak sepatu. Satu lagi, saat anda mencoba sepatu di toko sepatu sebaiknya anda juga mengambil kaus kaki yang disediakan. Ini demi kenyamanan bersama karena belum tentu juga anda membeli sepatu tersebut. Shuhlöffel memudahkan calon pembeli sepatu untuk mencoba aneka sepatu dengan cepat, bahkan sepatu yang bertali banyak atau boot sekalipun. Anda tak perlu mengikat dan mengencangkan tali sepatu, tetapi biarkan shuhlöffel membantu anda untuk masuk ke dalam sepatu secara keseluruhan.

Selain itu, saya yang sering berpergian dan menginap di hotel di Jerman juga mendapati shuhlöffel disediakan di tiap kamar hotel. Tetapi memang ini menjadi salah satu fasilitas hotel berbintang dan eksklusif di Jerman yang memudahkan tamu hotel dapat nyaman saat mengenakan sepatu. Jadi jika anda mendapati shuhlöffel di sini, anda tahu apa fungsinya ya.

Bagaimana menurut anda?

Advertisements

Categories: ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Tagged as:

2 replies »

    • Aha!

      I found “Schuhlöffel” only in Germany. I have some at home, also there are available at shoes store. It is true that exclusive hotel such as four stars hotel above still to put inside room as facilities for guest. I suppose it is good tool, practice and simple idea to be faster using shoes.

      Thanks for sharing, Tanja!

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.