OPINION

6 Tips Atasi Kulit Kering pada Tangan di Musim Dingin

Musim dingin sudah berangsur-angsur berlalu karena suhu udara tidak lagi minus dalam hitungan celcius di siang hari. Perlahan suhu udara sudah mendekati 5 sampai 10 derajat celcius di siang hari. Itu sudah cukup membuat saya bahagia karena saya yang berasal dari negara tropis masih kesulitan beradaptasi dengan udara dingin. Bagian tubuh yang paling dirasakan terkena udara dingin saat minus adalah tangan. Pasalnya semua bagian tubuh hampir semua tertutup kecuali tangan.

Persoalannya, saya memiliki tipe kulit kering sehingga saat di luar begitu dingin maka tangan saya bisa mengkerut, tak indah. Bahkan jika kulit terlalu kering akibat suhu yang dingin maka kulit tangan jadi bersisik, tak indah. Belum lagi karena kulit begitu menjadi kering sehingga beberapa ruam tangan sampai mudah berdarah bila bergesekan. Intinya, saya harus punya cara agar kulit tangan saya tetap sehat terawat dan tampil cantik juga saat musim dingin.

Berikut tips dari saya

1. Pakai sarung tangan

Berbagai bahan material di Jerman dijual. Sarung tangan berharga murah kisaran 2€ hingga berharga mahal pun ada. Tentu sarung tangan bermaterial seperti bahan kaus kaki atau punya sarung tangan berbahan kulit. Meski harga sarung tangan berbahan kulit lebih mahal, saya menjamin kulit tangan saya terlindungi dengan baik selama di luar bersuhu minus.

2. Gunakan pelembab kulit tangan yang terbuat dari lemon

Pelembab kulit tangan tentu berbeda kegunaannya dengan pelembab tubuh atau kaki. Khusus untuk pelembab tangan, saya memakai pelembab yang mengandung lemon. Pasalnya lemon berkhasiat untuk kulit kering seperti saya. Lemon juga mencerahkan kulit tangan saya yang gelap dan mengkerut karena kedinginan. Itu pemikiran saya. Juga kandungan lemon dalam pelembab kulit mengelupaskan kulit mati yang terjadi akibat pergantian siklus.

3. Sembunyikan tangan di jaket

Cara praktis lainnya adalah memasukkan kedua tangan di saku jaket selama berada di luar. Saya hanya berpikir bahwa tangan saya tetap terlindungi dari suhu dingin meski ini cara yang simpel. Untungnya hampir semua jaket pasti ada kantungnya. Itu sangat berguna untuk menyembunyikan tangan di balik saku jaket agar tidak terlalu terpapar dinginnya suhu di luar.

4. Pakai minyak pelembut kuku atau minyak zaitun

Minyak pelembut kuku berbahan vitamin E yang membantu merawat kuku agar tidak rapuh. Selain itu, minyak ini membuat kuku tampak cerah dan tidak pucat akibat kedinginan. Oh ya, minyak pelembut kuku juga bisa diganti minyak zaitun yang juga bagus menutrisi kulit dari dalam.

5. Bawa penghangat tangan

Di sini tersedia berbagai kemasan hand/täschenwarmer yang mungkin dikenal penghangat tangan. Bentuknya berbagai macam tergantung harga dan keunikan. Ini memang berfungsi untuk diletakkan di saku jaket atau bisa digenggam di tangan. Bentuknya memang seukuran genggaman tangan yang dikemas portable dan menghangatkan tangan kala musim dingin tiba. Ternyata alat bantu ini cukup menghangatkan kulit tangan saya agar tidak kedinginan.

6. Rendam tangan dalam baskom berisi air panas

Setelah berpergian dalam suhu dingin, setiba di rumah maka saya memasukkan tangan dalam baskom berisi air panas. Tambahkan minyak zaitun di dalamnya. Rendam tangan dalam hitungan 30 menit. Anda akan melihat kulit tangan menjadi lebih cerah ketimbang sebelumnya.

Semoga enam tips saya bermanfaat bagi anda yang memerlukannya.

Advertisements

Categories: OPINION

Tagged as: ,

4 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.