TRAVELING

Linz, Austria (5): 4,5 Euro Puas Berkeliling Seharian Pakai Kendaraan Umum

Tiket 4,5€ per orang.

Jalur transportasi selama di Linz jadi petunjuk moda transportasi.

Dalam kereta ada monitor petunjuk halte dan informasi berita.

S-Bahn tampak sebelah kiri. Jalurnya selalu di tengah jalan raya.

Kereta sightseeing di alun-alun kota.

Berkeliling kota Linz kali ini saya lakukan dengan kendaraan umum. Di Linz ada S-Bahn atau straßebahn, sejenis kereta listrik yang menghubungkan satu halte ke halte lainnya, jika kita tidak bawa kendaraan pribadi atau tidak ingin naik taksi. Ada juga pilihan car sharing jika anda suka terhubung dengan aplikasi pintar. Sayangnya saya tidak mencoba aplikasi tersebut. Ternyata saya cukup bayar bis atau kendaraan umum 4,5€ maka kita bisa berkeliling selama dua puluh empat jam di kota ini.

Harganya yang murah sebanding dengan pelayanan keretanya juga. Di dalam kereta sangat nyaman dan bersih juga perjalanannya cepat. Tak perlu khawatir terlewat jalur stasiun tujuan karena tersedia monitor halte tujuan dan suara yang diperdengarkan ke penumpang. Monitor dalam kereta di letakkan di atas, dekat langit-langit kereta. Di situ juga terdapat informasi online news, semacam berita yang bisa dibaca penumpang.

Dalam kereta ada ruang juga untuk ibu yang membawa kereta dorong bayi atau orang yang berkebutuhan khusus dan duduk di kursi roda. Kereta yang nyaman untuk segala kalangan pastinya.

Jika sudah di alun-alun kota, anda bisa naik kereta sightseeing kota linz dan ikut jadwal program tur bersama turis yang lainnya. Puas berjalan keliling kota, anda juga bisa menikmati keindahan sungai danube dengan naik ferry. Sebagaimana pengalaman saya naik ferry di kota Linz yang diceritakan di link ini. Pilihan lain bagi yang suka shopping, anda bisa ke pusat perbelanjaan Pluscity yang menyediakan aneka kebutuhan anda.

Saran saya,

1. Bayarlah tiket sesuai keperluan! Jika anda kedapatan tidak ada tiket saat pemeriksaan oleh petugas maka anda dikenakan denda yang cukup besar.

2. Jagalah kebersihan selama perjalanan! Bagaimana pun kita senang jika mendapati kereta bersih dan nyaman.

3. Turunlah sesuai tujuan tiket, kecuali anda gunakan tiket terusan 24 jam! Jika kedapatan tidak sesuai tujuan tiket kereta maka anda dikenakan denda.

4. Saat di stasiun utama (Hauptbahnhof) dan stasiun terakhir, semua penumpang wajib turun. Itu peraturannya.

5. Tiket kereta juga bisa digunakan untuk bis kota Linz. Cukup bayar 4,5€ maka anda bisa gunakan moda transportasi umum bis atau kereta di Linz.

Selamat bertualang!

Advertisements

Categories: TRAVELING

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.