FOOD

3 Variasi Steak Daging Sapi Berikut Bisa Dicoba

Steak adalah potongan daging yang berbumbu dan dipanggang. Steak biasanya disajikan dengan saus untuk melengkapi rasanya. Di sini memang steak bukanlah makanan yang populer tetapi ada, dengan nama yang berbeda. Agak mirip dengan schnitzel, makanan populer dari Jerman namun steak itu adalah potongan daging tanpa dibalut tepung. Ragam steak tergantung selera pembeli. Kali ini saya membahas steak daging sapi yang mungkin sudah banyak diketahui.

Tiga daging steak berikut saya pesan di tempat yang berbeda. Dengan begitu, anda bisa menyimak detil penyajian yang berbeda dan mungkin menambah citarasa kuliner anda sendiri. Penasaran ‘kan?

1. Steak daging sapi dengan Gnocchi

Gnocchi adalah makanan sejenis pasta berasal dari Italia. Di Jerman disebut dengan nama nocken. Nama internasionalnya adalah gnocchi, yang berasal dari Italia dan biasa untuk menggantikan pasta. Bentuknya kecil, agak bulat dan pipih ini menyerupai dumpling. Ini seperti di Asia, makanan ini dikenal dengan dumpling. Pembuatannya pun mirip, hanya dari tepung terigu, telur dan air. Kadang gnocchi diberi tambahan keju dan tepung roti, semua tergantung selera si pembuat.

Saya memesan ini di kantin kampus. Steak daging sapi terdiri atas dua potong daging sapi yang dipanggang terlebih dulu. Harganya yang murah di kantin kampus berkisar sekitar 3€ lebih membuat saya memilihnya.

Daging sapinya terasa empuk dan tidak alot. Ada saus kaldu sapi untuk steak untuk melengkapi rasanya. Ini seperti semur daging sapi karena kuah kental pada daging sapi dibandingkan saus pada steak daging sapi. Mungkin ini

2. Steak daging sapi dengan kroket kentang

Menu kedua yang saya pesan di restoran di sini adalah steak daging sapi bersama kroket kentang dan sayuran. Bedanya, saya dapat dua potong daging sapi yang memang benar-benar dipanggang. Ini tampak terlihat dari tekstur dagingnya dan saya juga dapat merasakannya di mulut. Perbedaan lainnya juga pada sausnya yang tak begitu merendam daging. Sausnya hanya sebagai pelengkap saja yang disiramkan di atas daging.

Hal menarik lainnya adalah kroket kentang. Selama ini, saya terbiasa makan steak dengan pommes atau kentang goreng. Kali ini, kentang ditumbuk dan diberi bumbu seperti garam dan merica. Lalu kentang diberi tambahan tepung roti dan dibentuk seperti gambar di atas. Goreng dalam minyak panas yang penuh. Hmm, rasanya nikmat menikmati rebusan sayuran dan steak daging sapi.

3. Steak daging sapi dengan cah sayuran dan acar sosis

Selanjutnya adalah steak daging sapi yang unik juga. Ini boleh dikatakan hampir mirip dengan menu nomor 1. Perbedaannya adalah sausnya yang tampak lebih terang dan terasa berbumbu. Daging sapinya terasa empuk karena dipanggang sebelumnya. Untuk melengkapi kenikmatan, ada sayuran rebusan dan acar sosis. Ada aneka macam rasa dalam mulut saya. Enak!

Kira-kira anda suka mana?

Advertisements

Categories: FOOD

Tagged as:

2 replies »

    • Betul Pak Adi, di sini restoran, kafe bahkan kantin kampus saya pun ada standar prosedurnya, termasuk penyajiannya agar tidak beda jauh juga dengan hotel😊

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.