FOOD

Dolmadakia Jalantzi, Bacang ala Yunani: Makanan Khas Yunani (5)

Jika anda melihat dolmadakia, apa yang anda bayangkan sebagai makanan nusantara? Semula saya berpikir ini seperti lontong karena itu dibungkus daun. Namun isinya adalah daging, jadi mungkin ini seperti bacang. Tetapi makanan ini tampak seperti terbuat dari beras ketan, mungkin ini bisa seperti lemper di Indonesia. Entahlah!

Daripada kita menebak apa isinya, saya ajak anda mengulas kudapan asal Yunani ini. Di restoran Yunani, makanan ini biasa disajikan sebagai vorspeise alias makanan pembuka. Tetapi saya mendapatkan dolmadakia karena suami saya menyukai rasanya yang sedikit asam ini.

Bagaimana dolmadakia itu tidak asam? Makanan ini diberi saus perasan jeruk lemon dan dibungkus dengan daun anggur. Dalam bahasa Jerman, daun anggur disebut weinblatter. Itu sebab orang-orang di sini menyebut dolmadakia sebagai gefüllte weinblätter karena makanan ini dibungkus dengan daun (=blätter) anggur (=wein). Daun anggur ini direndam dalam air panas kemudian ditiriskan dan didinginkan sebelum digunakan.

Rupanya asam terbuat dari perasan jeruk lemon. Sedangkan isiannya terdiri atas beras, bawang bombay, daun dill, daging sapi giling, sedikit minyak, garam dan merica. Semua bahan dimasak jadi satu sebelum dibungkus daun anggur. Setelah semua sudah dibentuk dalam gulungan daun, siapkan panci kukus. Masak dalam panci kukus selama dua puluh hingga tiga puluh menit. Tuang perasan jeruk lemon sebagai sausnya saat disajikan.

Itu tadi langkah membuat bacang ala Yunani dari seorang teman Albania yang dibesarkan di Yunani. Dia juga seorang yang bekerja di restoran dan paham betul tentang dunia gastronomy.

Apakah pembuatan bacang serupa dengan dolmadakia?

Saya sendiri belum pernah buat bacang sehingga tidak bisa menjawabnya.

Bagaimana menurut anda?

Advertisements

Categories: FOOD

Tagged as:

2 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.