TRAVELING

Bratislava, Slowakia (7): 7 Tempat Berswafoto yang Dijamin Kekinian

Membahas Bratislava memang tak ada habisnya. Pasalnya ibukota yang dihimpit dua negara besar ini, ternyata punya pesona kekinian. Menurut saya, pesona ini digambarkan dengan berbagai spot yang bisa dijadikan tempat berswafoto. Bukankah itu trend yang sedang digemari saat ini? Pastinya, anda akan menyimak ulasan saya berikut dimana ada tempat berbayar, namun ada pula yang gratis.

Di Bratislava, anda puas menikmati sesi berfoto karena ada banyak tempat bisa dijadikan spot foto. Misalnya patung paparazi yang keren atau patung napoleon soldat yang juga asyik dijadikan tempat berfoto. Dua patung tersebut tidak saya masukkan karena saya tidak sempat berkunjung. Jadi ada tujuh tempat menurut hasil kunjungan saya di Bratislava.

Apa saja?

1. Man at Work

Menurut anda, apa yang sedang dilakukan pria dalam patung ini?

Patung ini populer dijadikan tempat berfoto di kota tua Bratislava.

Tak usah kaget bila anda menemukan muka orang yang muncul dari lubang saluran air di jalan raya. Pasalnya ini adalah patung muka pria tersenyum dan mengenakan topi. Tempat ini adalah spot yang paling banyak difoto orang, entah itu turis atau penduduk lokal sekalipun. Letaknya yang strategis di sudut jalan, di area kota tua menyebabkan tempat ini selalu ramai dan tak pernah sepi untuk dikunjungi. Harap anda berhati-hati untuk menemukannya karena patung pekerja yang memunculkan wajah tersenyum ini memang tidak tinggi. Ini gratis!

Dalam bahasa lokal, patung ini disebut “cumil” atau mata-mata. Karena patung ini digambarkan sedang bekerja, namun ia digambarkan dengan wajah yang jahil. Itu sebab ada yang berpendapat, pria di patung hendak mengintip rok perempuan yang lewat di situ. Di sisi lain, patung ini digambarkan sebagai orang yang sedikit bekerja dan hanya senang menonton.

Dibalik kehebohan patung ini, pastinya tiap hari orang selalu penuh berfoto dan memegang kepala patung. Mungkin karena patung tidak tinggi dan mampu menjangkau hingga kepala patung yang bertopi tentara. Di sisi lain, jika ada yang memegang kepalanya dan menyebutkan impiannya maka ia berhasil mendapatkannya tanpa diberitahukan pada orang lain. Begitulah, mitos!

2. Gereja Biru

Tempat yang paling banyak diabadikan berikutnya adalah gereja biru, yang pernah saya ulas di link ini. Gereja ini dipersembahkan untuk Putri Elizabeth dari Hungaria (1207-1231) yang pernah tinggal di Kastil Bratislava. Gereja biru ini baru dibangun sekitar tahun 1900-an dan letaknya berdekatan dengan sekolah katolik. Bentuknya unik seperti puri dan berwarna biru keseluruhan membuat citra instragamble.

Ini gratis dan anda bisa datang berjalan kaki langsung sekitar 15 hingga 20 menit dari pusat kota. Pastikan kamera anda untuk mengabadikannya. Meski saya pun tak yakin bisa masuk ke dalam gereja, kita bisa mendokumentasikannya dari luar saja.

3. UFO

Jika merujuk pada kata UFO, bangunan ini terkesan piring terbang karena bangunan tampak kejauhan seperti melayang. Berada di pinggir sungai danube, bangunan yang digemari untuk berfoto pasalnya di sini anda bisa menyaksikan panorama kota Bratislava dari puncak UFO. Semakin romantis bila anda datang di malam hari karena kota ini dihiasi kerlap kerlip lampu. Anda juga bisa candle light dinner di kafe di sini. Tak ingin pergi ke kafe, anda juga bisa puas menggantungkan gembok cinta di puncak UFO.

Untuk menjangkau ke sini, anda perlu merogoh uang sebagai tiket masuk dan lift untuk menjangkau ke atas. Lebih lanjut, silahkan cek ulasan saya di sini!

4. Icebar

Pilihan berswafoto selanjutnya ada di Icebar. Bagi anda yang belum pernah pergi ke bar, bisa jadi terdengar aneh. Sebenarnya ini bukan bar biasa melainkan astmofer yang ditawarkannya yang asyik untuk berfoto. Ya, suasana seperti di kutub utara. Anda akan memasuki suasana yang super minus dengan dekorasi batu es yang tentu jadi obyek foto.

Di mana ada aneka balok es yang dibentuk berbagai rupa. Anda bisa berpose dengan aneka model es yang diinginkan. Tak usah khawatir soal jaket, tiket masuk sudah termasuk sewa jaket dan minuman kok. Begitu dinginnya, saya pun tak bisa lagi mengabadikan foto di dalam. Seru ya!

5. Guard’s Booth

Dalam bahasa lokal, ini disebut Strazns Budka. Patung ini digambarkan sebagai prajurit yang selalu siap siaga seperti prajurit penjaga pos. Tentu saja anda bisa berfoto secara gratis di sini. Patung ini masih berlokasi di kota tua dan masih mengandung nilai historis.

6. Patung Schöne Naci

Selanjutnya, tempat swafoto gratis yang bisa anda lakukan adalah berfoto di dekat patung schöne naci yang selalu ramah. Ia digambarkan sebagai patung yang ceria dan lucu. Konon dia adalah cucu seorang pebadut terkenal.

Patung yang mengenakan baju tuksedo memang baru dibuat sekitar tahun 1990an namun patung ini disukai para wanita karena wajah patung yang ramah dan memberikan penghormatan lewat topinya yang diangkat.

7. Hviezdoslavovo

Di depan Slovak National Museum terdapat patung besar seperti pria yang berpakaian elegan dan duduk. Di lapangan terbuka itu saya mengamati pasar rakyat, panggung hiburan dan beberapa kafe. Banyak orang senang berfoto di dekat taman di situ, apalagi jika ada perhelatan istimewa semisal saat kami datang menjelang tahun baru. Di area ini pernah menjadi perhelatan pidato Presiden USA tahun 2005 yang sedang berkunjung ke Slowakia, yang saat itu dihadiri jug oleh Presiden Rusia.

Ada banyak spot berfoto di sini. Lebih menarik lagi jika anda menikmati street foods yang sedang dijual atau menikmati secangkir kopi di kafe sekitar sini. Ide menarik untuk berfoto ‘kan.

Hmm, tertarik berfoto di tujuh tempat di atas?

Advertisements

Categories: TRAVELING

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.