Thai Curry Massaman mit Rindfleisch, Kari Sapi Bumbu Santan: Makanan Khas Asia (45)

Saya sudah lama tidak membahas kuliner Asia yang ditemukan di Jerman. Menggenapi nomor empat puluh lima, saya mengulas masakan khas negeri gajah putih. Ya, Thailand adalah negara yang kaya akan rempah dalam soal kuliner. Di sini, makanan Asia juga banyak didominasi kuliner asal negeri gajah putih ini. Namun, apa yang membedakan kari Thailand dengan India?

Sebagaimana anda ketahui bahwa kari India juga dikenal di seluruh dunia. Makanan India juga didominasi oleh kari sebagaimana pengalaman kuliner saya mencicipi kari India. Menurut saya, kari negeri Bolywood ini memiliki rasa dan bau yang berbeda dengan kari Thailand. Kari India bisa saya jumpai misalnya dalam currywurst yang menjadi makanan murah meriah di Jerman.

Currywurst sebagai perbandingan.

Currywurst menggunakan kari yang berbeda dengan kari massaman asal Thailand. Currywurst menggunakan rempah seperti kapulaga, adas, jinten dan pala. Ini terasa dari wangi rempah kari yang dihasilkan. Ada tambahan rempah lain seperti kunyit dan cengkeh yang juga biasa disematkan dalam kari ala India. Itu sebab anda akan melihat kari India akan berwarna oranye kekuningan.

Bagaimana dengan kari massaman?

Kari massaman serupa dengan rempah untuk masakan nusantara. Anda akan menemukan cabai, bawang putih, bawang merah, terasi, lengkuas, daun salam, serai, lengkuas, ketumbar dan lada. Kari massaman itu tidak begitu kuat baunya serupa dengan kari asal India. Meski kari massaman juga kaya akan rempah tetapi relatif ringan. Hal lain yang membedakan kari massaman dengan kari India adalah penggunaan santan seperti makanan yang saya pesan di atas.

Kari massaman adalah plihan penggunaan rempah kuliner asal Thailand agar bisa diterima di semua lidah. Kari massaman biasa digunakan untuk kuah kari ayam atau kuah kari sapi. Mengingat Thailand Selatan banyak didominasi masyarakat muslim, itu sebab kari massaman banyak disebut.

Hmmm, bagaimana menurut anda?

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.