OPINION

Lebih Baik Mana Mandi Pagi atau Malam Hari?

Sebenarnya anda bebas menentukan mandi di pagi atau malam hari, dan keduanya. Hal yang menjadi masalah ketika anda benar-benar tidak mandi selama sekian hari lamanya. Karena hal ini memicu ketidaknyamanan orang sekitar anda pastinya. Namun di luar itu, ini hanya pertanyaan yang menyangkut kesehatan, sebaiknya kita mandi pagi atau malam hari? Karena saya kerap mendengar isu bahwa mandi di malam hari bisa mendatangkan penyakit.

So, daripada menduga hal yang menjadi isu, saya sudah mencari tahu.

Ada orang yang terbiasa mengawali aktivitas hari dengan mandi. Ada rasa jengah dan tak nyaman jika kita tidak mandi sebelum beraktivitas. Namun ada sebagian orang juga yang tidak suka mandi di pagi hari mulai dari alasan tak ada waktu hingga alasan personal lainnya.

Alasan personal lainnya seperti seseorang yang menganggap mandi menghabiskan banyak waktu, belum lagi harus mengeringkan rambut yang basah dan rutinitas lainnya. Itu sebab mereka memilih mandi setelah aktivitas selesai di sore atau malam hari. Alasannya, mereka bisa lebih rileks saat berendam dan membersihkan tubuh.

Namun, bukan berarti mandi di pagi hari itu repot loh!

Mandi di pagi hari adalah pilihan jitu untuk membuat anda bersemangat memulai aktivitas. Anda tampak segar dengan penampilan. Belum lagi ada orang yang menjadi bersemangat ketika mencium aroma sabun, sampo dan pasta gigi ditambah kesegaran air yang membasahi tubuh. Di sini saya pasti mandi air hangat entah pagi atau malam hari. Air yang hangat rupanya memicu suhu tubuh dan membangkitkan semangat saya beraktivitas. Bagi saya, mandi di pagi hari itu tidak perlu menghabiskan banyak waktu.

Jika anda adalah orang yang butuh waktu tiga puluh menit dan satu jam di kamar mandi, maka anda memang harus bersiasat bangun lebih awal. Itu sebab anda perlu mengurangi waktu tidur dan sarapan hanya untuk sekedar mandi.

Perkaranya, mana yang lebih sehat?

Sampai sekarang jawaban para ahli tidak secara tepat menyatakan ini salah dan itu benar. Mandi di malam hari dari sudut pandang ahli dermatologi dikatakan baik untuk membersihkan kulit tubuh dari aktivitas di luar rumah sebelum seseorang pergi tidur. Setelah mandi dengan air hangat di malam hari, tubuh akan merasa lebih rileks dan baik juga untuk menghindari gangguan sulit tidur.

Tetapi isu di mandi malam hari bisa menimbulkan sakit rematik memang belum teruji klinis. Hanya saja, jika kita sudah memiliki masalah sendi dan rematik memang dianjurkan untuk tidak mandi di malam hari.

Jika kita ingin lebih aktif di awal hari, maka disarankan untuk mandi di pagi hari. Sebenarnya tidak ada yang salah dua kali dalam sehari, anda bebas melakukannya. Namun sebagian orang memilih malas mandi setelah beraktivitas dikarenakan tak ingin menghabiskan waktu berlama-lama di kamar mandi. Mereka lebih pilih langsung tidur. Ada pula yang beranggapan bahwa aktivitas yang mereka lakukan tidaklah begitu kotor sehingga tak perlu membersihkan diri lagi dengan mandi.

Bagaimana pun, pilihan waktu mandi ada di tangan anda.

Advertisements

Categories: OPINION

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.