Quiche, Semacam Martabak Telur: Makanan Khas Prancis (3)

Prancis adalah salah satu negara yang dikenal dunia sebagai tempat asal muasal kuliner terenak. Tak hanya urusan mode saja, orang-orang Prancis piawai dalam meracik bahan makanan agar nikmat di lidah. Terbukti lidah saya tidak pernah protes saat mencicipi kuliner asal negeri ayam jantan ini. Kini saya ajak anda menyimak pesanan pastry yang menurut saya sedikit mirip dengan martabak telur bila disandingkan dengan kuliner nusantara.

Adalah speckige quiche, nama pesanan saya di suatu kafe di Austria. Mengapa saya memesannya? Dalam deskripsi makanan dijelaskan pesanan saya sejenis pastry yang terbuat dari susu dan telur dicampur dengan aneka sayuran. Ada dua jenis quiche yang disediakan kafe, pilihan saya atau vegetaris, tanpa speck. Speck adalah semacam daging asap. Kemudian ada tambahak dekorasi seperti salad sayuran begitu.

Coba anda perhatikan dengan seksama quiche?

Sebagai bahan dasar adalah adonan roti, yang kemudian menjadi kerak seperti pelapis. Itu sama seperti martabak telur. Ada adonan untuk membungkus kocokan telur dan daun bawang. Bedanya quiche terbuat dari susu dan telur dijadikan satu. Setelah itu, ada bayam, daun bawang dan speck yang dipotong kecil-kecil. Karena bentuknya yang bulat dan sejenis kue maka quiche di Jerman termasuk dalam jenis tarte.

Saya penasaran dengan quiche dan bertanya pada seorang teman yang bekerja di gastronomy. Dia bekerja sebagai asisten dapur di restoran. Dia menjawab pertanyaan saya bagaimana membuat olahan topping quiche. Jawabnya, sayuran topping terdiri atas irisan timun jepang, bayam dan wortel yang ditumis bersama bawang bombay. Seusai ditumis setengah matang, kemudian letakkan di atas adonan roti sebelum dipanggang.

Saat saya menikmati tiap potongan quiche, ini mengingatkan saya pada martabak telur. Sungguh saya benar-benar merindukan martabak telur kini. Namun itu terbayarkan dengan quiche yang saya pesan.

Apakah anda juga suka martabak telur?

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

One thought on “Quiche, Semacam Martabak Telur: Makanan Khas Prancis (3)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.