5 Tips Pilih Telur Versi Saya

Telur adalah salah satu stok makanan yang selalu tersedia di rumah. Telur bisa diolah sebagai sarapan pagi hingga makan malam. Telur yang kaya protein tidak terpisahkan dari kuliner nusantara atau kuliner Jerman. Sejatinya, telur itu pasti ada sebagai kebutuhan makanan pokok di rumah.

Menjelang paskah, telur dijamin mengalami peningkatan penjualan. Tradisi telur paskah menjadi kehidupan integral di Jerman yang tidak dapat dipisahkan. Itu sebab supermarket mulai menyediakan stok telur tidak hanya untuk kebutuhan pokok saja, melainkan persediaan hari raya Paskah.

Berikut adalah tips secara cepat memilih telur berdasarkan pengalaman saya di sini.

1. Perhatikan asal dan kode telur

Di sini ada beragam telur yang dijual, termasuk darimana telur berasal. Agar meyakinkan apa yang dibeli, tentu telur juga berasal dari produksi peternakan di sini. Pastinya prosedur yang ketat dan meyakinkan sudah barang tentu layak pula telur yang dijual dari sini. Tiap telur di sini diberi kode DE yang berarti DEUTSCHLAND, produksi negara Jerman. Telur yang baik tercantum semua kode dan nomor.

2. Pastikan tanggal kadaluarsa yang tertera

Telur berwarna putih atau cokelat, silahkan dipilih sesuai selera. Menurut pengamat, kedua warna telur tidak berpengaruh apa pun. Hanya saja telur yang sudah terlalu lama tampak kusam, pucat dan tidak fresh. Berkaitan dengan kadaluarsa telur, di sini tercantum tanggal saran penggunaan telur. Tanggal tersebut biasa diletakkan di boks telur. Untuk bisa memanfaatkan telur, anda perlu memperhatikan tanggal yang termuat di boks telur.

3. Kondisi telur

Telur yang masih segar tentu dapat dipastikan dari tanggal kadaluarsa. Selain itu, anda bisa pastikan telur yang masih baik berdasarkan kulit telur yang agak kasar dan tidak lembut. Perhatikan seksama tiap telur jika ada yang janggal, pecah atau rusak. Anda bisa menukarnya, jika anda menemukan satu atau lebih telur yang mengalami kondisi telur tidak baik.

4. Ukuran telur

Di sini telur dijual per boks sesuai jumlah yang dikehendaki. Satu boks berisi empat telur, enam telur, delapan telur, sepuluh hingga dua belas telur. Jika anda tak terlalu suka makan telur seperti teman kenalan saya, maka anda bisa membeli satu boks yang isinya tak banyak. Ini dimaksudkan agar anda tak perlu menyimpannya terlalu lama, kemudian membuangnya. Begitu pun ukuran telur yang tersedia umumnya berukuran sedang, inisial M dan berukuran besar, inisial L.

5. Aroma telur

Terakhir saran dari saya adalah aroma telur. Anda tak perlu mencium satu per satu telur. Anda bisa mendekatkan indera penciuman anda ke arah boks telur yang dipilih. Telur yang tidak baik dan busuk tentu beraroma tak sedap juga saat dibuka.

Bagaimana tips anda memilih telur yang baik?

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

2 thoughts on “5 Tips Pilih Telur Versi Saya”

  1. Kalau beli telur di warung desa, mungkin agak susah ya kak untuk mengenali telur yang masih bagus atau sudah kadaluarsa, soalnya telurnya polos nggak ada kode / tulisannya ūüėĀ

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.