TRAVELING

Vietnam: Menikmati Acara Minum Teh dan Tradisinya

Apakah anda suka minum teh? Jika ya, mungkin anda tertarik dengan acara minum teh yang diselenggarakan teman mahasiswa asal Vietnam. Dia mengundang saya datang ke asrama mahasiswa untuk bincang-bincang sebentar. Mendengar tawarannya, saya pun tertarik datang. Bukankah Vietnam punya citarasa teh yang juga sama nikmatnya seperti vietname iced caffe yang selama ini dikenal?

Jam 16.00 sore saya sudah tiba di asramanya. Dia sudah membuatkan racikan springroll yang istimewa. Springroll ini pernah juga saya buat sebagaimana artikel di sini. Ini semacam lumpia khas Vietnam. Setelah menyambut kehadiran saya, dia meracik teh khas negerinya. Dengan begitu saya jadi mengenal tradisi minum teh dan kebiasaan di negerinya.

Sebagai negara agraris, Vietnam punya bermacam-macam teh. Teh yang paling banyak dikenal adalah teh hijau. Teh ini dipercaya baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Itu sebab minum teh hijau dalam gelas porselen mulai dari keluarga, komunitas petani hingga masyarakat pedesaan menjadi citra masyarakat Vietnam. Mereka bisa ngobrol satu sama lain sambil minum teh untuk menciptakan pertemuan sosial. Ini semacam gaya hidup tradisional masyarakat Vietnam. Begitu ujar teman mahasiswa asal Vietnam ini.

Umumnya masyarakat Vietnam suka dengan teh aroma bunga seperti melati yang dikenal teh yasmin atau teh lotus. Teh melati disebut trà lài yang diproduksi dalam dua tingkatan yang mirip dengan teh lotus. Teh hijau Vietnam memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dibandingkan dengan teh hijau asal Tiongkok. Konon teh hijau asal Vietnam kurang populer dibandingkan Tiongkok atau Jepang. Hal ini mendorong pemerintahnya membentuk Vietnam Tea Association agar semakin meningkat penjualannya ke mancanegara.

Begitu sekelumit cerita minum teh dari teman mahasiswa di sini. Akhirnya saya jadi paham bahwa minum teh bisa mendapatkan banyak hal yang selama ini tidak saya ketahui. Selesai acara minum teh, saya mendapat buah tangan minuman kemasan rasa teh hijau produksi negeri teman saya ini. Katanya minuman kemasan ini juga dijual di Asia Shop di Jerman. Andai minuman kemasan teh Indonesia juga bisa menjangkau hingga ke sini.

Advertisements

Categories: TRAVELING

Tagged as: , ,

8 replies »

    • Kalau teh Indonesia dengan teh Vietnam rasanya kurang lebih sama. Justru kalau saya rindu teh nusantara di sini, saya datangnya ke resto ala Vietnam. Teh yang dijual di supermarket di sini berbeda rasa pak.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.