OPINION

5 Aktivitas Atasi Malas Blogging

Di hari ke 582 menulis di blog tiap hari tiba-tiba membuat saya bosan. Saya yang biasanya lincah mengetik buah pikiran, langsung terhenti seketika dan bingung mengatasi kegalauan hati. Sebenarnya untuk apa tiap hari blogging? Itu pertanyaan saya yang muncul. Adakah pembaca yang tertarik dengan artikel yang saya tulis? Itu pertanyaan selanjutnya. Tiba-tiba muncul rasa malas. Saya malas. Titik.

Wajarkah? Hal lumrah ketika pekerjaan blogging bukan yang utama tetapi terkesan profesional. Saya beranikan untuk blogging tiap hari meski aktivitas harian saya segudang. Saya ingin menjadi “the blogger” meski selama ini hanya sebatas “a blogger” karena saya suka menulis. Ini semacam candu untuk dilakukan tiap hari. Namun siapa yang bisa melawan rasa malas muncul?

Siasat yang saya lakukan untuk atasi rasa malas blogging, yakni:

1. Membersihkan rumah

Entah mengapa saya terinspirasi dengan ayah saya. Jika dia sedang menghadapi tumpukan pekerjaan, dia memilih membersihkan dan merapikan rumah atau ruang kerjanya. Alasannya, sederhana. Aktivitas ini membuat pikiran lebih rileks meski secara fisik lebih lelah. Lagipula saya merasa nyaman bekerja dalam kondisi keteraturan, bersih dan indah dilihat. Dari aktivitas membersihkan rumah, saya terkadang mendapatkan inspirasi ide menulis di blog. Karena saya sedang tidak ada mood untuk menulis, saya melakukan banyak hal di rumah dengan bersih-bersih, menata ini dan itu atau melakukan pekerjaan rumah tangga yang tiap hari belum tentu bisa dilakukan. Setelah suasana rapi dan bersih, saya jadi mood menulis.

2. Membaca

Saya bisa membaca buku atau versi digital. Membaca seperti aktivitas yang memberi saya banyak imajinasi dan wawasan. Saya bisa membaca apa saja, umumnya dalam bahasa Jerman untuk melatih kosakata saya. Terkadang saya membaca dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Itu sebanding, banyak membaca akan memotivasi saya untuk blogging berbagai ide. Tema blogging saya memang tidak spesifik sehingga hasil membaca bisa langsung diterapkan pada blog untuk dibagikan.

3. Menonton

Ide ini memang bukan hobi saya. Namun menonton televisi di sini menjadi bagian dari latihan berbahasa saya. Menonton program televisi di Jerman mengasah otak berpikir dan analisa. Program televisi di sini bisa dipilih mulai dari program yang menghibur, menginformasi hingga mengedukasi. Aktivitas menonton juga menyenangkan pikiran saya yang sedang merasa jenuh blogging. Saya bisa menonton berita, talkshow atau program kuis.

4. Ngobrol dan diskusi

Dari ketiga ide di atas, ini ide yang jitu juga mengusir rasa malas blogging. Teman-teman saya di sini berasal dari multi bangsa yang membuat saya mengenal kebiasaan dan tradisi mereka yang menarik. Berbicara dan diskusi dengan mereka adalah hal yang menyenangkan. Ini membuat saya ingin membagikannya menjadi cerita di blog. Bahkan saya mendapatkan pengalaman bijaksana yang mencerahkan. Bukankah ini membangkitkan saya untuk blogging?

5. Memasak

Ide terakhir tentu anda bisa lihat dari jurnal memasak saya di blog ini. Saya bisa mengkoleksi berdasarkan kunjungan kuliner atau kreasi sendiri. Sejujurnya saya tidak punya hobi memasak. Tetapi aktivitas memasak itu sama seperti meracik tulisan dalam blog. Anda harus tahu bahan dan langkah menulisnya agar terasa “lezat” untuk dibaca. Dari pengalaman saya memasak, saya jadi ingin membagikannya menjadi artikel di blog.

Kesimpulan

Malas bisa menyerang siapa saja, termasuk blogger pemula, blogger amatiran atau blogger profesional. Semua kembali pada niat anda untuk tetap eksis menulis dan menulis.

Advertisements

Categories: OPINION

Tagged as:

8 replies »

  1. Refershingnya sama kak, kecuali yang nomor 5… Walaupun sangat ingin memasak banyak resep selalu muncul kata “tapi”…
    Semoga cepat lincah lagi jari-jarinya kak ana… Suka membaca tulisan-tulisan seputar makanan dan jermannya 😊

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.