ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Membuat Daftar Riwayat Hidup (CV) Versi Bahasa Jerman

Membuat daftar riwayat hidup menjadi bagian dari persiapan melamar kerja. Daftar riwayat hidup tidak hanya menceritakan profil si pelamar kerja saja, tetapi juga bertujuan untuk meyakinkan pemberi kerja agar layak diterima bekerja. Daftar riwayat hidup umumnya dibuat runut sesuai pengalaman profesional yang dilakoninya. Namun dibalik itu, saya mendapatkan pencerahan dari job center di sini tentang bagaimana membuat lebenslauf, atau daftar riwayat hidup dalam bahasa Jerman.

Tiap orang yang sudah memasuki usia produktif dan berniat bekerja memang berurusan dengan job center. Job center memfasilitasi kita agar mudah mendapatkan pekerjaan, termasuk memberikan pengarahan bagaimana membuat lebenslauf dan bewerbung, surat lamaran kerja.

Lebenslauf berbahasa Jerman benar-benar dibuat terstruktur, seperti tabel yang benar-benar kronologis, rinci, runut dan sistimatis. Menurut saran job center, yakinkan pemberi kerja selama 15 detik melalui lebenslauf yang kita buat. Itu berarti kita tidak menulis daftar riwayat hidup berbelit-belit dan usahakan optimal sesuai posisi yang dilamar. Dengan begitu, si pelamar punya peluang bagus untuk diterima.

Salah satu hal meyakinkan pemberi kerja di awal adalah foto pelamar kerja. Di Indonesia, saya mendapatkan pencerahan soal daftar riwayat hidup tanpa foto agar tidak mengesankan hal subjektif. Meski pas foto bukan hal yang wajib juga di Jerman, namun lebenslauf disarankan berisi foto diri untuk menunjukkan gambaran si pelamar. Memberikan pas foto juga mengesankan pemberi kerja tentang siapa anda hanya dalam hitungan detik. Ini seperti memberi ide tentang anda via foto. Pas foto perlu berwarna dan sesuai kondisi terkini pelamar. Pas foto pun harus terkesan profesional dan elegan, bukan foto seluruh badan atau berpakaian santai.

Selanjutnya, identitas pribadi yang berisi rincian siapa si pelamar. Ini tentunya tak jauh berbeda dengan daftar riwayat hidup dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Buatlah informasi ini fungsional dan memang profesional. Misal, anda mencantumkan nomor telepon yang ternyata anda susah dihubungi. Jika anda punya dua nomor untuk waktu siang dan malam, maka anda bisa nyatakan itu. Atau kontak email yang memang bercirikan nama anda itu juga berarti menunjukkan keseriusan anda.

Lalu susunlah pengalaman profesional kerja dari yang terkini hingga terlama, setelah selesai pendidikan akhir. Hal menariknya, ada sebagian orang yang mungkin mengganggur dan sedang tak punya pekerjaan. Bagi kita, periode mengganggur dan sedang cari kerja itu tak perlu dicantumkan. Di sini, kita harus memasukkan semua periode yang dilakukan secara rinci apakah kita bekerja atau tidak. Karena hal itu berkaitan dengan data di job center. Mereka yang sedang tidak bekerja mendapatkan fasilitas dan kemudahan dari job center.

Di sini kita pun bisa mencantumkan kerja komitmen sosial kemasyarakatan yang sifatnya sukarela. Ini tidak wajib tetapi hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan penerima kerja. Saya sendiri tidak tahu alasannya. Misalnya saya ikut membantu program pemberian makanan tiap minggu untuk orang tidak mampu di suatu kota di Jerman.

Terakhir, lebenslauf wajib diberi keterangan bahwa semua informasi yang disampaikan di atas adalah benar. Dengan begitu, pelamar kerja harus menandatangani daftar riwayat hidup tersebut. Sebelum lebenslauf ditandatangani maka cantumkan tempat dan tanggal pembuatan terkini sebagai bukti pengesahan dan pertanggungjawaban.

Apa yang saya sampaikan di atas tidak bisa digeneralisasikan. Ini berdasarkan pengalaman subyektif sendiri. Anda sendiri bagaimana?

Advertisements

Categories: ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Tagged as: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.