FOOD

Bulgogi Bibimbap, Nasi Campur Korea Selatan: Makanan Khas Asia (47)

Bibimbap yang saya pesan di Austria.

Boleh dibilang bibimbap yang jadi nasi campur ala Korea Selatan (Korsel) berikut termasuk mendunia. Beberapa kenalan asal Eropa mengenal makanan ini sebagai makanan favorit setelah mereka pernah menikmatinya di restoran selera Asia. Sementara saya sendiri pernah menikmati makanan ini saat berkunjung ke Korsel tujuh tahun lalu. Makanan ini konon terpilih sebagai salah satu makanan terlezat di dunia versi jajak pendapat CNN travel tahun 2011.

Bibimbap yang dipesan di Seoul, Korsel.

Saya berpendapat makanan ini semacam nasi campur ala Korsel karena makanan ini berisi nasi putih yang diatasnya ditaburi sayuran rebus, irisian telur dan daging sapi bumbu teriyaki. Untuk irisan telur yang saya nikmati adalah telur dadar yang matang kemudian diiris halus. Sedangkan versi lain, telur pun bisa dikreasikan telur mata sapi atau telur mentah. Wow! Kemudian di atasnya diberi taburan biji wijen.

Konon bibimbap dinikmati oleh semua kalangan sebagai cara yang praktis untuk menikmati hidup. Lagipula bibimbap disajikan dengan nasi sebagai makanan utama rakyat Korsel umumnya. Seingat saya saat berkunjung ke Seoul, bila pesan makanan maka nasi tak perlu dibayar. Jika di luar Korsel, bibimbap dikemas dalam satu mangkuk nasi beserta sayur dan lauk pauknya maka bibimbap di Seoul disajikan secara terpisah. Si pembeli mendapatkan aneka macam sayuran dan lauk pauk dalam satu meja penuh, seperti kita makan di restoran padang. Begitulah bibimbap yang saya nikmati di Seoul.

Saat saya berada di Seoul, saya mendapatkan penjelasan bahwa bibimbap punya filosofi tersendiri bagi masyarakat Korsel. Isinya beraneka ragam warna, mencerminkan kehidupan itu sendiri. Tak hanya itu, isi bibimbap juga melambangkan keseimbangan hidup. Ada nasi, karbohidrat dan protein. Lengkap!

Kehadiran bibimbap di luar Korsel menandakan bahwa kuliner mereka sudah mulai bermigrasi. Saya pun akhirnya bisa menikmati versi praktis bibimbap dalam satu mangkuk di Austria setelah tujuh tahun menikmati versi orginal di Seoul.

Pernahkah anda memesan bibimbap?

Advertisements

Categories: FOOD, TRAVELING

Tagged as: ,

7 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.