3 Kreasi Telur Ini Cocok Untuk Pemula Belajar Masak

Telur identik dengan perayaan paskah. Itu sebab harga telur akhir-akhir ini naik sekian sen karena terjadi banyak permintaan. Lagipula telur juga stok makanan yang wajib tersedia. Pasalnya telur bisa diolah dengan berbagai macam kreasi sehingga bisa menjadi santapan. Anda bisa menyajikan telur untuk sarapan pagi, makan siang atau makan malam. Itu sebab telur perlu disiapkan di rumah.

Dalam penelusuran informasi dikatakan bahwa telur punya kandungan kalori yang rendah namun protein yang tinggi. Meski telur dikatakan tidak meningkatkan kolesterol dalam darah, tetapi telur sangat baik dikonsumsi bila tidak berlebihan. Artinya, konsumsi telur tidak disarankan berlebihan juga pada orang-orang yang mengalami sakit jantung, darah tinggi atau diabetes. Lebih jauh, silahkan konsultasikan ke dokter!

Berikut tiga kreasi telur di bawah ini.

Kentang dan telur mata sapi

Ide pertama datang dari kentang sebagai salah satu makanan pokok di Jerman. Menurut saya, sajian pertama cocok untuk makan siang. Suami memesan makanan ini saat kami berada di suatu restoran.

Cara membuatnya mudah. Cukup dua buah telur mata sapi ditambah kentang goreng. Untuk menghasilkan telur mata sapi memang dipilih telur yang tidak terlalu lama di ruang penyimpan. Beri garam dan merica pada telur. Sedangkan kentang goreng, anda cukup membuatkan kentang kotak-kotak yang digoreng bersama bawang bombay. Mudah ‘kan!

Waktu penyajian 30 menit

Roti dan Telur Orak-Arik

Ide kedua masih berkaitan dengan makanan pokok masyarakat di sini, yakni roti. Kira-kira ide kedua ini cocok untuk disantap saat pagi, siang atau malam hari? Ya, makanan ini bisa untuk sarapan pagi.

Jika anda tidak ingin mengkonsumi kentang, silahkan gantinya dengan roti gandum. Anda bisa membuat telur orak-arik dengan memaksimalkan tomat, daun bawang, merica dan garam. Gunakan dua buah telur dan masak terlebih dulu tomat. Setelah tomat hancur, tambahkan irisan daun bawang. Anda bisa mengaduk-aduk telur sebagaimana orak-arik telur. Sajikan untuk sarapan pagi dengan roti!

Waktu penyajian 5 menit

Sop Telur Puyuh

Terakhir adalah sup telur puyuh. Rupanya di supermarket sini ada telur puyuh yang disebut wachteleier. Akhirnya saya pun terpikir untuk membuat sup telur puyuh yang punya nilai gizi tinggi dan sama baiknya dengan telur ayam. Oh ya, telur puyuh di sini dijual dalam kondisi mentah. Untuk mengkonsumsinya, kita perlu memasak selama 5-10 menit terlebih dulu.

Cara memasaknya pun mudah. Setelah anda punya telur puyuh matang, siapkan wortel, daun bawang, kaldu ayam, merica, bawang goreng bawang putih bubuk dan garam. Masukkan air hingga mendidih. Ketika mendidih, masukkan semua bahan. Masak sekitar 5 menit dan tambahkan telur puyuh untuk disajikan.

Waktu penyajian 20 menit.

Kira-kira mana yang ingin anda coba praktikkan di rumah?

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

3 thoughts on “3 Kreasi Telur Ini Cocok Untuk Pemula Belajar Masak”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.