Mengapa Selalu Ada Orang yang Tidak Menyenangkan di Kantor?

Jika anda adalah orang yang menyenangkan bagi semua orang, saya ucapkan selamat. Namun apa betul semua? Saya yakin pasti ada satu atau beberapa orang yang tidak menyenangkan anda menurut pengalaman anda di tempat bekerja. Meski anda berusaha seoptimal mungkin untuk baik dan menyenangkan pada semua orang, tetapi ada saja cara yang membuat anda tak nyaman dan betah untuk bekerja. Akhirnya, anda bisa menebak sendiri. Jengkel, kesal, marah-marah dan segudang emosi negatif lainnya muncul dalam diri anda. Itu adalah akibat orang yang tidak menyenangkan di tempat anda bekerja.

Dibalik pengalaman dan diskusi bersama kolega kerja di sini yang berasal dari berbagai bangsa, saya jadi paham prinsip “Kita tidak akan pernah bisa menyenangkan tiap orang.” Seberapa pun ahlinya kita untuk menyenangkan orang lain tetapi pasti ditemukan segelintir orang yang memang ditakdirkan untuk tidak menyenangkan di tempat bekerja. Bisa jadi orang yang demikian merasa iri, kebencian yang absurd, dan hal-hal tak masuk akal lainnya sehingga kita tahu bahwa kita memang tidak pernah bisa menyenangkan semua orang.

Ambil hal yang positif dari orang-orang yang tidak menyenangkan tersebut. Bahwa mereka menguji kesabaran dan keteguhan pribadi kita yang baik. Ujian hidup itu tidak datang lewat musibah hidup saja tetapi bisa datang dari mereka yang memang tidak menyenangkan di tempat bekerja. Meski kita sudah berusaha baik dan menyenangkan semua orang, nyatanya ada saja hal-hal tak logis yang membuat kita merasa negatif. Ini semacam racun yang memberi “penyakit” pada anda. Padahal anda harus tetap sehat untuk dapat bekerja. Sabar memang kuncinya untuk menghadapi orang-orang demikian.

Jadikanlah orang yang tidak menyenangkan tersebut berkat dalam hidup anda! Melalui mereka, anda belajar sabar dan teguh hati. Bagaimana pun kita harus tetap bersikap baik pada mereka yang tidak menyenangkan agar mereka tahu bahwa hidup kita tidak dikontrol oleh racun yang mereka sebarkan. Satu-satunya cara untuk mengontrol racun yang mereka sebarkan adalah berdoa. Karena Tuhan tahu yang terbaik untuk anda.

Happy Sunday!

Advertisements

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.