Tahukah Anda, Apa Kunci Kesuksesan?

Memasuki 608 hari daily blogging, saya sedang berpikir tentang makna kesuksesan. Saya memang belum bisa mengakui bahwa saya adalah blogger yang sukses tetapi saya cukup sukses untuk tidak malas blogging tiap pagi. Dan itu tidak mudah. Begitu pun makna sukses yang sedang saya jalani. Jika anda ingin tahu kunci sukses, pertama-tama temukan apa makna sukses menurut anda?

Saya menemukan kata “sukses” ketika saya memahami apa yang ingin dikerjakan. Jika kita mengerjakan apa yang kita inginkan dengan penuh cinta, itu sudah sukses. Sekecil apa pun tanggungjawab anda saat ini, percayalah suatu saat itu akan menjadi besar. Sukses itu datang dari perkara kecil untuk mendapatkan tanggungjawab besar.

Itu sukses menurut saya, melakukan apa yang dicintai. Karena jika kita melakukannya tanpa cinta maka kita tidak bahagia. Lalu apa kuncinya untuk mendapatkan kesuksesan?

Sukses menurut saya bukan ditentukan oleh bakat apalagi kepintaran. Bahkan bakat dan talenta hanya 10 persen mengisi kesuksesan dan sisanya kerja keras. Sukses juga bukan berarti dipengaruhi oleh kekayaan atau keturunan. Jadi anda tak perlu khawatir bila anda tak kaya, tak pintar atau tak berbakat. Karena kunci sukses bukan itu semua.

Sukses ditentukan dari kegigihan atau dalam bahasa Inggris dikenal persistensi. Saya belajar memahami, ketika seorang atlit sukses menang ternyata disebabkan ia punya daya tahan yang lebih lama dibandingkan atlit yang kalah. Daya tahan juga disamakan dengan kegigihan. Daya tahan yang dimaksudkan kemampuan untuk bertahan lebih lama untuk terus melanjutkan apa yang sudah dimulai. Atlit ini gigih berlatih tak kenal lelah hingga saat pertandingan dimulai, ia tetap bertahan untuk menyelesaikannya. Perkara menang atau kalah, itu adalah hasilnya. Karena mereka yang gigih, buahnya akan diperoleh.

Sukses itu tidak pernah di awal. Sukses itu akan mengikuti jika kita sudah memulainya dengan gigih.

Mereka yang berkarakter gigih atau berdaya juang tinggi adalah mereka yang tidak pernah putus asa, tidak mudah menyerah ketika gagal dan terus bangkit menyelesaikannya. Ini kunci sukses ketika orang berani memulai maka dia pun berani untuk bertahan hingga menyelesaikannya.

Sudah gigihkah saya menyelesaikan apa yang diinginkan untuk sukses?

Advertisements

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

7 thoughts on “Tahukah Anda, Apa Kunci Kesuksesan?”

    1. Terimakasih DeašŸ˜ Saya mohon dukungan ya untuk genap 1000 hari ngeblog. Mohon dukungan yašŸ™ Selamat menjalankan ibadah puasa ya!

      Like

    2. Terimakasih Syifa dan Dea sudah mampir. Motivasi saya uhmm…. Hahahaha… Biarkan dulu berjalan sampai 1000 tiap hari ngeblog. Mohon dukungannya yašŸ˜ Selamat menjalankan ibadah puasa ya!

      Like

  1. Di artikel ini, ada satu kalimat yang cukup menarik bagi saya, yaitu “Jika anda ingin tahu kunci sukses, pertama-tama temukan apa makna sukses menurut anda?” Bisa jadi saya belum menemukan kunci sukses diri saya sendiri karena sesungguhnya saya belum menemukan makna sukses itu sendiri menurut saya. Artikel yang menarik.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.