TRAVELING

Praha, Ceko (2): Jembatan Charles yang Diminati dan Punya Pesona

Jembatan Charles menjadi ikon kota Praha tampak kejauhan.

Gerbang jembatan nan gothik.

Praha itu memiliki magnet tersendiri di Eropa tengah. Kata turis dari negeri paman sam saat kami bersama kelompok turis lainnya berjalan menuju titik keberangkatan sightseeing city tour. Ia kerap datang bersama isterinya jika mereka berlibur ke Eropa. Meski mereka sudah datang beberapa kali, namun berkeliling kota Praha sepertinya tak pernah terpuaskan. Sama seperti saya yang datang lagi ke Charles Bridge karena saya belum mendokumentasikannya dalam cerita di blog.

Ini Salib di jembatan yang saya ceritakan.

Patung Pieta.

Di Praha ada beberapa jembatan yang menghubungkan kota lama dengan kota baru. Jembatan di Praha umumnya terbuat dari batu yang kokoh dan konstruksinya bergaya baroque. Namun Jembatan Charles tampak berbeda karena ini bukan cara orang menyebrangi sungai, melainkan cara wisatawan menikmati legenda, seni dan keindahan alam pusat kota Praha. Siapa pun yang melewati jembatan ini tak pernah terpuaskan untuk melihat suguhan seniman jalanan atau cinderamata buah tangan mereka.

Saya sendiri lebih asyik menelusuri tiap patung yang menghiasi jembatan. Ya, jumlah patung karya seni di Jembatan Charles terbilang tiga puluhan. Penduduk Ceko menyebutnya tiap patung orang kudus ini bisa menjadi rangkaian cerita yang tak ada habisnya. Sayangnya ada saja tangan-tangan jahil dan usil membuat vandalisme yang tak berarti. Sepintas rekan kerja orang Ceko berpendapat bahwa sebagian patung sudah dipindahkan di museum agar terpelihara baik.

Ramainya orang lalu lalang di jembatan ini.

Jembatan yang ramai juga dipadati orang berjualan atau seniman jalanan.

Tak ada tiket masuk di sini. Datang di hari libur setelah Paskah seperti yang saya lakukan ternyata membuat dua jalur datang dan pergi di jembatan dipadati banyak orang. Pertama-tama ada menara bergaya gothik yang menyambut anda di muka jembatan. Jembatan dihiasi lampu yang bersinar indah kala malam hari. Ada 16 pilar di jembatan ini. Ada banyak atraksi yang menghibur anda sebagai cara orang mencari uang, termasuk menawarkan jasa kapal wisata di sungai, bawah jembatan.

Saya dan suami datang saat libur paskah. Ada Salib yang tampak bercahaya dan ada pula patung Pieta, Bunda Maria memangku jenazah Yesus. Sebagian orang memilih berfoto di tiap patung, namun ada juga yang sibuk memilih barang dagangan di dekat patung-patung tersebut. Yang lain, sibuk memperhatikan seniman jalanan atau menyimak orang-orang yang bermain perahu wisata di sungai, di bawah jembatan.

Patung Santo Johannes Nepomuk.

Plakat Santo Johannes Nepomuk yang sering disentuh orang hingga berkilauan.

Namun ada yang menarik ketika banyak orang antri untuk bisa memegang patung dan diam sesaat. Tampak orang yang memegang benda rohani itu seperti berdoa beberapa saat. Benda rohani itu tampak berkilau karena jutaan atau entah berapa banyak orang yang datang ke situ dan melakukan hal yang sama. Rupanya ini adalah patung orang kudus yang berasal dari Ceko. Ya, dia adalah Santo Johannes Nepomuk. Plakatnya dihampiri banyak orang sambil menyebutkan sesuatu dalam hati, entah berdoa atau apalah. Legenda penduduk setempat, bila kita berdoa lewat perantaranya maka kita mendapat keberuntungan.

Tak jauh dari patung Santo Johannes Nepomuk adalah plakatnya. Dimana Santo Johannes Nepomuk tampak terbaring dengan latar belakang jembatan. Riwayat Santo Johannes Nepomuk pernah saya tuliskan di link ini. Kematiannya tragis ditenggelamkan ke sungai. Namun kesalehan hidupnya telah membuktikan bahwa ia layak menjadi orang kudus. Itu sebab di sebagian Jerman dan Praha, Santo Johannes Nepomuk diletakkan di pinggir sungai atau jembatan. Di Jembatan Charles kota Praha ini sebagian orang percaya kesalehan hidupnya dan berharap keberuntungan.

Di kedua ujung jembatan ada menara gothik.

Saran saya, anda datang pagi-pagi sekali untuk mengambil spot berfoto ketika belum banyak orang lalu lalang dan para pedagang atau seniman jalanan mencari uang. Anda juga bisa datang di malam hari. Pantulan cahaya dan sinar lampu di jembatan semakin menambah romantisme berfoto. Jembatan ini memang punya pesona yang membuat siapa saja datang ke Praha, wajib berkunjung ke sini.

Cerita tentang Praha, ibukota Ceko masih berlanjut.

Advertisements

Categories: TRAVELING

Tagged as: ,

5 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.