FOOD

Tips Masak Ayam Goreng Kuning Keemasan dan Tak Berminyak

Buatan saya sendiri, bangga sekali.

Berada di luar Indonesia membuat saya rindu masakan nusantara. Salah satunya adalah membuat ayam goreng yang kaya akan bumbu dan rempah seperti yang dibuat ibu saya. Pasalnya, ayam goreng memang mudah ditemukan di mana saja tetapi ayam goreng buatan ibu saya tidak mungkin ditemukan di benua biru. Lalu saya bertanya pada ibu saya, bagaimana membuat ayam goreng yang enak.

Hasil pengalaman saya tertulis di bawah ini sebagai saran untuk anda, jika anda ingin mencobanya.

1. Pastikan bumbu untuk merendam ayam potong

Untuk membuat ayam goreng kaya bumbu, tentu juga perlu banyak bumbu juga. Kita tidak mungkin menggunakan hanya bawang putih dan garam saja. Kunci memasak ayam goreng kuning keemasan adalah kunyit. Bumbu yang diperlukan adalah bawang putih, kunyit, ketumbar, serei, daun salam, daun jeruk, sedikit kaldu ayam dan garam. Haluskan semua bumbu, kecuali sereh yang dipukul-pukul dan daun salam yang dirobek sedikit sedangkan daun jeruk cukup dimasukkan dalam rendam bumbu ayam.

2. Ungkep ayam atau masak ayam dalam bumbu

Kemudian bumbu yang tersedia di atas, ditumis dengan sedikit minyak goreng. Masak hingga harum. Begitu bumbu sudah harum, masukkan dalam air bersamaan dengan daging ayam potong. Untuk ukuran air, sebaiknya anda tidak memberi banyak air yang merendam daging ayam potong keseluruhan. Jumlah air sebaiknya setengah dari panci yang berisi potongan daging ayam. Pada dasarnya, saat kita merendam ayam maka daging ayam akan berair juga.

3. Pastikan dalam api kecil

Agar bumbu meresap dengan warna kuning yang sempurna pada ayam, sebaiknya anda masak dalam api yang kecil. Bagi saya menggunakan kompor listrik, saya mengaturnya pada tingkat terendah. Dahulu saya memasak dengan api besar, rupanya membuat bumbu tidak terlalu meresap. Dengan begitu, kita juga mendapatkan warna kuning keemasan yang kita inginkan bila kita memasaknya dalam api kecil.

4. Panaskan oven

Judulnya memang ini adalah ayam goreng, tetapi saya tidak ingin ayam goreng yang terlalu berminyak. Pengalaman saya, ayam goreng yang digoreng dengan minyak sayur perlu waktu untuk membiarkan minyak tiris. Selain itu, saya juga pernah beberapa kali gagal menggoreng ayam dengan minyak karena percikan minyak panas yang menyerang saya. Untuk menghindari semua itu, akhirnya saya putuskan memanggangnya dengan oven. Meski ini tidak tampak seperti ayam panggang, tetapi ayam goreng. Ini adalah cara saya mendapatkan ayam goreng yang diinginkan. Ketika ayam potong sedang diungkep, saya mulai panaskan oven.

5. Panggang dalam suhu 150 derajat selama 15-20 menit

Ketika daging ayam tampak setengah masak, masukkan dalam wadah. Panggang dengan panas 100-150 derajat celcius hingga berwarna kuning keemasan. Saya sendiri membutuhkan waktu 15-20 menit hingga ayam benar-benar masak.

Bagaimana menurut anda?

Advertisements

Categories: FOOD

Tagged as: ,

4 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.