Kartu ucapan ‘Hari Ibu’ dalam bahasa Jerman.

Di Jerman hari ibu (=Muttertag) diselenggarakan tiap minggu kedua di bulan Mei yaitu hari ini. Itu pasti jatuh di hari Minggu yang tentunya menjadi hari libur, dimana keluarga bisa merayakannya bersama-sama. Saya di sini merayakannya bersama ibu mertua. Kami merayakan “Muttertag” bersama dengan makan siang. Ibu mertua memang senang memasak, tentunya kami menikmati masakan istimewa pada hari ibu. Namun begitu, saya menuliskan pengalaman menarik dari ibu saya yang tinggal di Jakarta, Indonesia.

Semua ibu di dunia adalah terbaik dengan caranya sendiri, tetapi ibu saya adalah yang paling favorit. Saya banyak belajar nilai-nilai hidup dari ibu saya. Salah satu hal yang saya masih ingat adalah keyakinannya. Dia adalah orang yang percaya diri dan banyak mengajari saya untuk berani. Misalnya, ibu saya tidak punya pengetahuan musik tetapi ia bisa menjadi dirigen di paroki. Dia belajar sungguh-sungguh agar dia bisa menjadi dirigen paduan suara. Dia bahkan berani maju menjadi dirigen ketika dia melihat panggung untuk dirigen di dekat altar tidak terisi. Dia ingin misa kudus tetap berjalan khidmat dengan nyanyian. Mungkin saya masih belum seberani beliau untuk tampil di depan banyak orang.

Ibu saya memang tidak mengenyam pendidikan setara saya. Tetapi ibu saya sangat mendukung agar saya bisa melanjutkan pendidikan lebih tinggi meski saya adalah seorang perempuan. Menurut dia, saya harus menjadi perempuan pandai. Dia pula yang khusyuk berdoa agar saya bisa menempuh pendidikan di Jerman meski saya masih ragu dengan kemampuan saya sendiri saat itu.

Anda tahu, ibu saya berkata begini Kamu adalah apa yang kamu percayai. Jika kamu yakin bisa maka Tuhan akan memberi jalan. Mama percaya kakak bisa melakukannya.”

Pesan ibu saya yang membawa saya pada mimpi-mimpi hidup saya. Saya mengamati ibu saya yang berani dan percaya diri membuat saya paham bahwa saya pun pasti bisa. Kini saya sadar bahwa itu adalah kekuatan pikiran. Ketika kita mempercayai kemampuan diri sendiri maka kita pasti bisa melakukannya. Selain itu, saya tahu bahwa ibu saya berdoa untuk saya agar saya mampu. Doa ibu memang restu untuk anaknya.

Ibu adalah orang paling pertama di dunia yang membawa kita pada kehidupan. Dari ibu, kita mengenal nilai-nilai kehidupan untuk pertama kali.

Pengalaman indah apa yang anda alami bersama ibu?