2 Kue yang Berbahan Kopi Buatan Sendiri

Ilustrasi kue yang biasa dijual.

Dari semua kue yang disajikan di foto di atas, tahukah anda bahwa ada kue yang diracik dengan kopi? Hal ini saya ketahui setelah saya sibuk belajar membuatnya bersama kenalan yang sedang praktik kerja pembuatan kue di sini. Saya memang tidak sendiri membuatnya, namun ini menambah pengalaman saya dalam pembuatan kue yang selama ini tidak saya tekuni.

Membuat kue itu butuh kesabaran dan ketekunan. Itu yang saya pelajari. Nah, saya belajar dua kue berikut yang hasilnya memang tak seindah seperti toko kue atau kafe.

1. Tiramisu

Tiramisu yang dibeli di kafe.
Tiramisu buatan sendiri, tidak indah memang tetapi rasanya enak.

Kue tiramisu memang lezatnya tiada duanya. Saya tergila-gila mengenal kue ini pertama kali puluhan tahun lalu di salah satu hotel bintang lima di Jakarta. Setelah itu, saya jarang menjumpainya karena kue ini memang paling nikmat disajikan saat dingin. Jika saya menikmati kue tiramisu, saya ingin benar-benar mengunyahnya perlahan karena saya sesungguhnya tidak ingin menghabiskannya.

Bagaimana saya membuat tiramisu?

Kecanggihan informasi menghubungkan saya dengan resep membuat tiramisu. Rupanya ada paduan biskuit yang dihancurkan hingga menjadi kue lapisan dasar. Lalu ada spons yang lembut sebagai lapisan atas. Tak lupa kopi dingin yang menjadi bagian dari rasanya. Masukkan dalam loyang untuk mencetaknya. Agar nikmat saat dihidangkan, tiramisu harus diletakkan di kulkas selama beberapa jam. Taburi bubuk cokelat untuk dekorasi.

Yummy!

2. Brownies

Brownies yang dibeli di kafe.
Brownies yang dibuat di dapur sendiri.

Brownies memang bukan berasal dari negara Jerman. Meski begitu, Jerman yang kaya pastry ini juga terdapat kue brownies. Biasanya saya membeli brownies untuk dinikmati sebagai sarapan pagi. Namun rasa brownies akan berbeda jika saya membuatnya sendiri. Pengalaman saya membuat dituliskan di bawah ini.

Untuk bahan yang diperlukan antara lain:

  1. Coklat batang 230 gr
  2. Kakao bubuk 100 gr
  3. Espresso bubuk 30 gr
  4. Butter 60 gr
  5. Gula 400 gr
  6. Gula pasir tapi warna coklat 100 gr
  7. Vanille extract
  8. Telur 6 buah
  9. Tepung 130 gr

Membuatnya pun mudah. Semua bahan dicampur dengan mixer agar hasilnya maksimal. Langsung panggang dalam oven. Kue cokelatnya terasa sekali aroma kopi dari espresso yang dimasukkan ke dalam.

Kesimpulan

Dua kue di atas bisa dinikmati sambil menikmati kopi. Saya sudah mencoba membuat dan menikmatinya. Saya pikir anda pun bisa mencobanya di rumah. Bagaimana?

Advertisements

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.