TRAVELING

Praha, Ceko (4): 7 Tempat Kunjungan Wisata yang Pertama

Praha adalah salah satu ibukota di Eropa Tengah yang punya pesona tersendiri karena kota ini dipenuhi menara bercirikan gothik yang indah. Praha bisa menjadi tujuan wisata setelah musim dingin berakhir, dimana anda bisa menyaksikan keindahan panorama sungai vltava yang membelah kota ini. Sepertinya anda wajib berkunjung ke sini karena ada banyak tempat yang bisa dikunjungi. Praha dijuluki sebagai kota seratus menara. Dijamin anda tak akan pernah terpuaskan! Seperti saya yang datang beberapa kali karena kota ini ramah dengan turis.

Langsung saja, saya dan suami mengikuti program sightseeing tour yang memudahkan kami. Setelah kami parkir mobil, kami sudah menemukan lokasi keberangkatan bis tur keliling kota. Untuk tur selama 24 jam, anda membayar 550 Koruna per orang. Anda bebas memilih jurusan wisata yang dikehendaki.

1. Jindrisska tower

Menara Jindrisska.

Menara menjulang tinggi bergaya arsitektur gothik ini terletak di jalan Jindriskka, di Praha 1. Itu sebab diberi nama sesuai lokasinya. Pemberian nama menara baru dilakukan pada abad 18, sebelumnya nama menara dikaitkan dengan gereja katolik di sekitar situ. Bahkan anda masih bisa menemukan lonceng gereja di menara ini. Menara ini dilalui jalur trem dan kerap padat dengan lalu lintas mobil atau pejalan kaki.

Sisi lain dari menara yang selalu ramai.

2. Wenceslas square

Tampak depan.

Sisi lain.

Boleh dibilang ini adalah alun-alun kota Praha karena tempat ini berada di pusat kota yang menjadi pilihan menikmati kota Praha di bangku taman yang disediakan. Anda juga bisa memili untuk menikmati lalu lalang orang di kafe di situ. Wenceslas sendiri berasal dari nama Santo Wenceslas, Ksatria Bohemia. Indahnya bunga-bunga di sekitar taman menjadikan banyak orang memilih untuk berfoto.

Di depan patung adalah taman yang dipadati lalu lalang orang.

3. Dancing house

Gedung menari, begitu terjemahan dari bangunan ini.

Bangunan yang berada di Praha 5 ini begitu berbeda karena bentuknya yang unik. Gedung yang dirancang oleh arsitek Frank Gerhy memang menjadi salah satu tujuan wisata bila kita berkunjung ke Praha. Menurut tour gouide kami, gedung ini tampak seperti pasangan yang sedang menari. Namun pandangan lain mengatakan bahwa bangunan ini mirip stiletto, sepatu perempuan. Tidak ada tiket masuk alias gratis bila kita berkunjung ke dalam. Namun hal lain yang bisa dilakukan adalah menikmati sajian dari kafe/restoran di atas teras gedung ini.

4. Peace Square

Gereja tampak samping.

Tampak dua menara gereja.

Nama lokasi destinasi ini adalah peace square yang berada di depan gereja St. Ludmila. Dalam bahasa lokal, tempat ini disebut Namesti Miru. Gereja bergaya neo-gothik ini sendiri dibangun pada tahun 1888 hingga 1893. Dua menara gereja ini semakin melengkapi bahwa Praha adalah kota seratus menara. Di lapangan depan gereja, tiap tahun kerap diselenggarakan berbagai event istimewa.

Lokasi sekitarnya yang banyak dimanfaatkan warga untuk beraktivitas.

5. Menara Zizkov TV

Lucu ‘kan!

Masih tentang menara yang menghiasi kota Praha. Kali ini menara komunikasi untuk tayangan televisi. Namun menara ini begitu menarik seperti yang anda lihat. Ada figur orang memanjat menara yang menambah artistik dan seni lebih dari menara pemancar. Biasanya di sini, bis hop on hop off akan berhenti selama 10 menit untuk wisatawan pergi ke toilet atau sekedar berfoto.

Di sekitar menara, ada taman yang dimanfaatkan warga untuk rileks.

6. Gedung teater nasional

Bangunannya di sudut kiri.

Gedung teater ini dibangun abad 19 dan berhasil memikat banyak pengunjung untuk berfoto. Bangunan ini tampak mempesona sehingga kerap menjadi latar belakang untuk foto pre wedding. Ini saya saksikan saat dua mempelai berwajah asia sedang mengabdikan beberapa adegan di depan gedung.

Gedung teater nasional di sebelah kanan gambar.

7. Stasiun utama kota Praha

Menara di stasiun utama kota Praha.

Terakhir dalam kunjungan singkat adalah stasiun utama kota Praha. Di sini menjadi jalur terpadat untuk kereta dan bis bagi mereka yang datang dan pergi di Praha. Stasiun besar ini termasuk memiliki bangunan indah dan besar pula. Karena lokasi saya berada di stasiun, saya tidak bisa mengabadikan seluruh bangunan stasiun hanya menara saja yang melengkapi kota ini.

Untuk lanjutan wisata saya di Praha, segera berlanjut. Apakah anda punya pengalaman berkunjung ke Praha?

Advertisements

Categories: TRAVELING

Tagged as: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.