FOOD

Bún Chả Hà Nội, Bihun Daging Panggang dari Hanoi: Makanan Khas Asia (49)

Bihunnya tampak tak terlihat. Bihun ada di bawah tumpukan sayur.

Jika anda berkunjung ke Vietnam wilayah utara seperti Hanoi, maka anda akan menemukan makanan tradisional berikut ini. Ini tak ubahnya Pho A yang sering saya ceritakan. Namun mie bihun berikut berbeda, baik dari bahan, penyajian hingga rasa yang saya coba. Makanan ini layak dinikmati jika anda berkunjung ke restoran vietnam atau langsung ke Vietnam, seperti yang pernah saya lakukan sepuluh tahun lalu.

Bun cha ha noi memang berasal dari Hanoi, Vietnam Utara. Sedangkan jika makanan yang serupa di Vietnam Selatan dikenal dengan nama bún thớt nướng. Isian dari makanan ini sebenarnya sama saja. Bun cha terdiri atas bihun beras ditumpuk dengan aneka sayur yang masih segar, kemudian dimakan bersama daging yang dipanggang. Nah, menariknya untuk mencampurkan semua bahan tadi diperlukan kuah rempah yang berasa asin, asam dan menyegarkan. Hmmm, enak!

Jika anda datang ke Hanoi, hampir dipastikan bun cha dijual mulai dari kaki lima hingga restoran bintang lima. Bun cha dihargai dari yang paling murah hingga paling mahal. Satu lagi, orang vietnam utara menikmati bun cha tak kenal waktu. Ini bisa dijadikan sebagai sarapan pagi, makan siang atau makan malam. Penelusuran informasi menyebutkan makanan ini sudah diedarkan sejak tahun 1960-an.

Menurut orang Vietnam sendiri, bun cha cocok dinikmati saat musim panas. Mereka biasa membuatnya sendiri di rumah karena ini termasuk makanan yang mudah dan praktis. Bahkan teman mahasiswa asal Hanoi bercerita dia dan keluarganya duduk di luar rumah sambil memanggang daging, sementara kuah asam dan sayuran diracik sesuai selera masing-masing anggota keluarga. Ini menjadi ritual yang mengasyikan, katanya pada saya.

Apakah anda tertarik mencoba bun cha?

Advertisements

Categories: FOOD

Tagged as: ,

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.