Brotzeit, Makan Roti ala Bavaria Bisa Berdua: Makanan Khas Jerman (54)

Makan malam biasanya dinikmati dengan porsi yang sedikit. Itu sebab saya dan suami memesan brotzeit untuk berdua. Ini bisa anda dapatkan di sebagian besar restoran khas Bavaria di Jerman. Wilayah Bundesland kedua terbesar ini, memang punya ciri brotzeit yang tidak didapati di daerah lain.

Apa sih brotzeit?

Jika merunut pada terjemahannya, “brot” dalam bahasa Indonesia dikenal menjadi “roti” dan “zeit” menjadi “waktu” Namun bukan berarti brotzeit dikatakan sebagai waktunya makan roti. Istilah ini merujuk pada roti yang disajikan berikut makanan dingin untuk menikmatinya. Rotinya pun tidak hanya satu. Biasanya restoran meletakkan tiga sampai empat jenis roti dalam baki rotan.

Jerman kaya akan roti karena roti menjadi salah satu makanan pokok. Untuk brotzeit di Bavaria, tentu ada pretzel atau bretzel. Roti garam yang pernah saya ulas di link ini. Selain itu ada roti gandum yang diiris, namanya volkornbrot, kadang juga dinkelbrot. Dan roti lainnya yang tidak wajib seperti sammeln, baguette, atau jenis lainnya.

Apa saja makanan pendamping roti?

Untuk menikmati makan roti, disajikan meriah dan macam-macam jenisnya. Tiap restoran bisa menyajikan kreasinya masing-masing. Misalnya saat kami memesan brotzeit di Regensburg, ada kreasinya yang bisa anda lihat di link ini. Isiannya tetap makanan dingin.

Makanan yang sudah masak dan ready to eat.

Ada sosis dan ham yang tak mungkin ketinggalan. Daging dingin ini tentunya sudah masak, hanya saja disajikan saat dingin. Lalu sayuran pelengkapnya bisa timun yang juga dingin seperti acar rasanya. Ada paprika jika anda suka sedikit pedas. Terkadang ada daun salad. Lalu irisan bawang merah besar juga bisa dinikmati. Ini bukan sekedar dekorasi saja tetapi semuanya memang bisa dimakan.

Namun tak kalah dari itu, anda bisa melihat ada keju yang bermacam-macam disediakan. Keju ini dinikmati bersama roti. Ada keju khusus yang disebut obatzda yang berasa seperti paprika. Keju lain adalah creamy keju dengan rasa kentang. Aneka keju lain juga ada yang dipotong kecil dan dioleskan pada roti.

Mahlzeit! Selamat makan!

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.