Mittelalterfest, Festival Abad Pertengahan di Jerman

Lomba memanah yang menarik. Lihat kostum mereka!
Ini spanduknya.

Apa yang anda lakukan jika anda pernah hidup seperti di film Robin Hood di Eropa pula? Jika itu adalah salah satu keinginan anda, mungkin anda bisa bergabung dengan komunitas berikut yang ada di Jerman. Komunitas ini memang memiliki minat dan kesamaan gaya hidup pada masa abad pertengahan. Itu sebab saya melihat spanduk bertuliskan “grosses Mittelalterfest” yang diikuti seribu peserta. Wow!

Bermain perang-perangan seperti di film dengan perlengkapan dan kostum mirip tempo dulu.
Tenda peserta.
Tampak menyatu dengan alam, salah satu ruang makan.

Saya dan suami berkendara menyusuri kota di Bavaria yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya. Mata saya memandang banyak orang berpakaian seperti layaknya aktor dan aktris yang berperan di film Robin Hood. Karena kami penasaran, kami pun berhenti dan mencari tahu. Saya pun segera mendokumentasikan festival orang-orang yang punya minat pada kehidupan abad pertengahan tersebut.

Suami saya bertutur bahwa ada beberapa kolega kerjanya yang juga punya minat sama pada festival ini. Mereka mengadakan pertemuan rutin untuk berbagi kebersamaan dan kecintaan pada abad pertengahan yang sudah berlalu ratusan tahun lalu. Melalui festival yang digelar rutin, tentu mereka membawa misi untuk mengedukasi masyarakat luas tentang kehidupan di abad pertengahan. Ini hanya dugaan saya saja karena saya tak berani bertanya atau mewawancarai panitia penyelenggara.

Sepatu kayu yang dijual dan menarik pengunjung.
Salah satu ruang tidur yang terekam kamera. Tampak selimut tebal berbulu dan lilin sebagai penerangan.
Salah satu sudut ruangan yang mereka gunakan, benar-benar alami.
Oven membuat roti dari kayu.

Pertanyaan saya, apakah anda bisa bertahan beberapa lama untuk tidak menggunakan listrik, perlengkapan moderen bahkan menggenggam smartphone anda?

Saya mengamati bagaimana perlengkapan makan terbuat dari tembikar, kayu atau gading gajah. Wow! Bahkan seseorang perempuan yang saya amati berpakaian tempo dulu itu mengenakan alas kaki pun dari kayu. Sedangkan jubah-jubah pria dan wanita seperti yang ditemukan dalam film Robin Hood pun tampak dijual di sini bagi mereka yang tertarik membeli. Untuk jubah dan selimut berbulu tampak memenuhi di ruang tidur untuk menghangatkan badan. Saya mengamati juga ada lilin dan obor sebagai penerangan. Jadi jangan bayangkan ada televisi atau radio sebagai hiburan.

Untuk mengisi waktu luang selama festival sekaligus hiburan, saya mengamati sebagian kelompok duduk di suatu tenda, berdiskusi, tertawa dan bermain bersama. Kelompok lain, saya melihat sedang menyiapkan makan siang dengan membuat perapian terlebih dulu. Tak hanya itu, ada kompetisi memanah mirip seperti di film Robin Hood. Lainnya, tampak sibuk di lapangan luas mendekati panggung hiburan dengan musik atau nyanyian. Dan kelompok lain membuat kompetisi bermain perang dua kelompok dengan peralatan seperti film Robin Hood. Menarik!

Mereka tampak berbahagia dengan situasi yang sedang mereka jalani selama festival. Tampaknya ini bisa menjadi ide di saat kita jenuh dengan modernitas, festival ini memberikan makna terdalam relasi antar pribadi satu sama lain dan relasi dengan alam. Hmm…

Bagaimana menurut anda?

8 Comments

    1. Thank you. Do you mean, how long was this event? This event actually is just finished. It was really awesome which is shown us about “Middle Age” that I didn’t know in reality hehehehe..

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.