Raita, Saus Yoghurt Timun Seperti Tzatziki: Makanan Khas India (6)

Raita, pada makanan khas India.

Jika anda pernah mencoba saus tzatziki yang biasa dijumpai dalam makanan mediterania dan sekitarnya, maka kali ini saya mengangkat ulasan saus yang mirip dari India. Namanya raita, yang biasa mudah ditemukan di restoran India di Jerman. Ternyata tak hanya di India, teman lain asal Bangladesh pun meyakini bahwa ada raita di negaranya. Itu artinya raita ada di sekitaran India, Bangladesh dan negara Asia Selatan.

Lalu apa itu raita?

Tzatziki, saus berwarna putih tampak dalam makanan khas mediterania.

Raita adalah saus yang melengkapi masakan seperti kari dan makanan manis, gurih serta makanan khas asal India lainnya sesuai selera untuk menikmatinya. Bisa juga anda menyantap makanan pedas atau roti panggang khas India dengan raita. Jadi raita fleksibel disantap dalam berbagai makanan khas Asia Selatan umumnya. Namun intinya, raita berbahan dasar yoghurt.

Apa saja bahan dasar pembuatannya?

Saya mengamati seorang teman mahasiswa asal India yang membuat raita sebagai stok persediaan makanan. Bahan raita adalah yoghurt yang plain, tak ada rasa. Setelah anda bisa membuat raita sebagai sajian utama, maka anda bisa membuat variasi raita lainnya seperti raita rasa buah, raita vegetarian atau raita rasa mint. Semua terserah anda.

Bahan utama raita adalah timun dan bawang merah yang dipotong-potong kecil. Lalu semua bahan dicampur bersama yoghurt. Agar rasanya semakin enak, anda bisa tambahkan masala, bubuk cabai, jintan atau rempah-rempah lainnya. Semua bahan diaduk menjadi satu dan saat disajikan bisa ditambahkan irisan bawang merah lagi. Lagi-lagi itu sesuai selera si pembuat.

Jika tzaziki pada makanan mediterania kerap disajikan untuk menikmati makanan grilled dan nasi merah maka raita bisa disajikan sesuai selera atau kapan saja anda mau. Bahkan di belahan India lainnya, nama raita bisa jadi berbeda namun bahan yang digunakan sama.

Apakah anda sudah pernah mencoba raita?

Advertisements

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

One thought on “Raita, Saus Yoghurt Timun Seperti Tzatziki: Makanan Khas India (6)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.