Tips kedua untuk anda berasal dari pengemasan bumbu dapur, yakni garam. Garam adalah bumbu wajib tersedia di dapur. Sejarang apa pun anda memasak, garam harus ada di dapur untuk menambah rasa. Garam yang disimpan biasanya berbentuk bulir halus seperti pasir. Garam pasir ini memang praktis digunakan dibandingkan anda harus menghancurkan terlebih dahulu garam balok.

Garam pasir ini kebanyakan diletakkan di botol atau wadah tertutup seperti pada foto. Biasanya garam seperti butir pasir ini akan mudah digunakan. Namun sayangnya garam seperti ini akan bermasalah bila terlalu lama dalam wadah. Hal ini saya alami di dapur sendiri.

Akhirnya saya dapat tips saat saya duduk memesan menu di restoran. Sebagaimana umumnya meja restoran di sini selalu tersedia garam dan merica bubuk. Namun ada yang berbeda dengan wadah garam dalam botol. Rupanya ada bulir-bulir beras diletakkan menyatu dengan garam.

Apa yang terjadi?

Saya bertanya pada pramusaji saat membayar makanan. Dia berpendapat bahwa beras menjaga kelembaban agar garam dalam wadah tidak menggumpal. Masalahnya jika garam yang diletakkan di atas meja restoran tidak bisa digunakan maka pengunjung restoran akan komplen dan mengeluh. Untuk menghindari hal itu maka diletakkan bulir beras agar garam bisa tetap digunakan.

Ada pendapat?