ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Dresden (1): Begini Cara Menikmati Keindahan Kota

Menikmati sungai Elbe dengan kapal wisata, asyik ‘kan!

Frauenkirche yang terkenal dan wajib dikunjungi.

Jika anda datang ke Jerman, sudah barang tentu banyak tempat anda bisa jelajahi. Jerman terdiri atas 16 Bundesland atau 16 negara bagian yang tiap wilayahnya punya keunikan dan citra yang berbeda. Saya sudah menjelajahi Jerman bagian Selatan, bagian barat dan kini saya datang ke Jerman bagian Timur. Perlahan saya ingin menjangkau seluruh Jerman.

Pojok kota.

Salah satunya adalah Dresden, ibukota dari Saxony dan letaknya ada di timur Jerman. Dreseden itu banyak diminati turis karena banyak bangunan baroque yang menarik mata. Tak hanya itu, kota yang dilalui sungai Elbe ini juga punya pesona wisata tersendiri. Siapa pun yang datang ke Dresden paham bahwa kota ini cantik dan indah.

Banyak monumen di sini.

Ketika kami menjejakan kaki di Dresden, kami segera cari tahu apa yang bisa dilakukan untuk menikmati pesona kota ini. Berikut saran kami,

1. Keliling kota pakai bis

Starting point bis keliling kota Dresden.

Sebagaimana kota-kota di Eropa yang jadi destinasi wisata, umumnya ada pilihan keliling kota dengan paket satu hari atau beberapa hari. Bahkan voucher keliling kota biasa dilengkapi dengan diskon tertentu, seperti pesan sesuatu di kafe/restoran atau diskon tiket masuk objek wisata.

Beli tiketnya di sini.

Untuk mendapatkan tiket ini, anda datang ke pusat kota dan datang langsung ke booth yang menawarkan jasa ini. Lokasi tersebut juga menjadi starting point untuk keliling kota Dresden. Ada 22 halte pemberhentian yang membuat anda puas seharian keliling kota cantik ini.

2. Private Tour

Contoh kendaraan privat tour tampak belakang. Saya tidak nyaman jika mengambil foto dari depan.

Jika anda tak ingin pergi dalam kelompok besar turis, anda bisa ikut private tour. Di pusat kota yang jadi destinasi turis maka anda bisa menemukan private tour yang dijajakan kendaraan seperti becak bermotor. Isi privat tour bisa satu, dua orang hingga empat orang. Si supir bisa merangkap tour guide yang siap mengajak anda berkeliling destinasi kota Dresden. Asyiknya, anda bisa berhenti sesuka hati bila ingin mendokumentasikan tempat-tempat menarik menurut anda.

3. Naik delman di pusat kota

Naik delman tampak istimewa bila anda berkunjung wisata di Eropa.

Bosan dengan dua moda transportasi di atas yang tampak moderen, anda bisa mencoba cara ketiga. Apa itu? Naik delman, meski lambat tetapi menarik dan asyik. Menyusuri tempat wisata kota Dresden, anda ditemani petugas kusir delman yang ahli menjelaskan kota ini. Naik delman diperuntukkan untuk kelompok kecil yang terdiri atas beberapa orang. Banyak wisatawan memilih moda transportasi ini untuk ajang foto pribadi. Seru!

4. Naik kapal wisata

Asyiknya naik kapal wisata.

Seperti yang dijelaskan di atas, Dresden dilalui sungai Elbe. Sama seperti kota-kota lain di Jerman, sungai di sini bisa menjadi aktraksi wisata bagi turis. Oleh karena itu, ada pilihan kapal wisata dengan durasi tertentu. Pengalaman saya untuk kapal wisata ini, per orang dikenakan 19€ dengan durasi 1,5 jam. Di kapal wisata ini, pengunjung bisa menyimak penjelasan informasi seputar tempat-tempat yang dilalui. Di musim panas seperti ini, turis banyak memilih di dek atas dimana orang bisa berjemur di bawah sinar matahari. Oh ya anda bisa juga memesan minuman di sini seperti kafe.

5. Berjalan kaki dan menikmati kuliner di pusat kota

Dresden kota baru tampak dari kota tua.

Pilihan terakhir adalah berjalan kaki menyusuri kota tua dimana objek wisatanya mudah dijangkau. Saya juga akhirnya menjangkau destinasi wisata dengan berjalan kaki. Tentu anda juga harus memakai alas kaki yang nyaman. Anda juga bisa menyelami kota ini dengan mencicipi aneka kuliner khas Jerman.

Kiri adalah toko sovenir dan kanan adalah kafe/restoran.

Tips,

Jika anda perlu toilet umum maka anda bisa datang ke area pusat informasi wisata. Di sana ada public toilet dengan bayar 70 cents Euro.

Advertisements

Categories: ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Tagged as: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.