3 Kue Cokelat Enak dari 3 Negara Bisa Jadi Inspirasi Anda

Double chocolate yang dipesan di kafe di Pilsen, Ceko.

Dahulu saat masih di Indonesia, saya tidak suka menikmati kue seperti kue tar dan kue-kue lainnya. Alasannya, kue-kue tersebut terasa manis buat saya. Hingga saya pindah ke sini, saya jatuh cinta dengan kue-kue yang disajikan di kafe atau toko roti. Kue di sini benar-benar enak, rasa manisnya pun bisa disesuaikan. Rasa manis kue cokelat di sini tidak berlebihan pun tidak menggunakan pemanis buatan. Bahkan anda bisa memesan kue yang khusus untuk golongan diet gula, laktosefrei atau mereka yang alergi terhadap produk tertentu.

Saya kumpulkan tiga inspirasi kue cokelat enak seperti di bawah ini. Sengaja tiga kue cokelat ini dipilih dari 3 negara yang pernah saya cicipi sebelumnya. Siapa tahu anda bisa membuatnya di rumah.

1. Double chocolate

Kue pertama saya temukan saat saya berkunjung ke kota Pilsen, Ceko. Tak sengaja kami berhenti di suatu kafe. Kami pun memutuskan untuk memesan kue yang sama, double chocolate. Kami pun tak menyesal memilihnya karena kue ini benar-benar enak. Kue double chocolate ini memang ekstrim cokelat tetapi rasanya tidak pahit pun tak terlalu manis.

Kue tampak berwarna cokelat dan dilapisi cokelat. Di lapisan kue terdapat cokelat putih dan cokelat lainnya. Ini benar-benar kenikmatan kue cokelat yang sempurna lezatnya. Bagi chocolate lovers, anda perlu mencobanya. Rasa manis cokelat juga tidak membuat pahit atau tak nyaman di perut. Kebanyakan kue double chocolate lainnya meletakkan krim di tengah lapisan, sedangkan kue ini tidak. Bahkan saya kagum bahwa cokelat di lapisan kue tidak melted, seperti umumnya kue cokelat lain.

2. Sachertorte

Siapa pun yang datang ke Wina, Austria pasti kenal kue ini. Bahkan kue yang begitu populer ini ada di hampir seluruh Austria pun negara tetangga seperti Jerman loh. Saya pernah mengupas kue ini saat berkunjung ke Wina, Austria tempo lalu. Ceritanya bisa ditemukan di sini.

Hal menarik dari kue ini adalah huruf S yang menjadi dekorasi atas kue ini, hanya untuk menunjukkan identitas kue. Kue sachertorte awalnya dibuat oleh Herr Sacher untuk dessert tamu kerajaan. Karena kue ini begitu enak, kepopuleran kue ini menjadi meluas. Di Wina sendiri ada kafe yang mengklaim kue sachertorte asli, namun ada banyak kafe juga yang menjualnya dan membuat anda tergila-gila mencobanya.

Kue sachertorte ini adalah kue cokelat dengan selai buah di tiap lapisan dalam kue. Cokelat pada kue itu tidak membuat eneg dan terasa lezat. Itu sebab kue ini pun juga dijumpai di Jerman.

3. Schoko kokos

Kue ketiga adalah kue cokelat berasa seperti spons tetapi ada rasa cokelat. Kue ini saya temukan di Jerman. Tambahan pula ada rasa gurih manis dari taburan kelapa kering. Kue ini umum disajikan di kafe-kafe di Jerman. Perpaduan warna cokelat, kuning dan putih pada kue ini memang indah dan menawan mata. Bahkan masih ada selai sebagai mata hiasan kue yang dibuat berjarak.

Kue ini seperti pada umumnya kue lainnya, hanya saja ada selai buah yang dikehendaki sesuai selera anda. Anda bisa memilih warna merah dari strawberry atau kuning dari nanas. Rasa gurih pada taburan kelapa yang disebut kokos membuat kue ini punya rasa cokelat yang berbeda.

Jika anda boleh pilih, suka yang mana?

Advertisements

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.