Hunian yang nyaman dan bersih adalah dambaan tiap orang. Salah satunya adalah bagaimana membuat lantai rumah tetap bersih dan tampak indah terawat. Bagaimana pun itu bukan hal yang mudah pun sulit.

Kini saya ajak anda berbagi bagaimana membersihkan lantai rumah yang berbahan kayu, atau ada juga yang menyebut lantai parket. Dalam bahasa Inggris, lantai jenis ini disebut wood parquet flooring. Hasil pengalaman saya tersebut menjadi tips untuk anda.

Lantai kayu parket ternyata memang indah untuk menghiasi lantai rumah saya. Saya rutin membersihkan rumah dua kali seminggu dengan penyedot debu (vacum cleaner). Itu sudah membuat lantai tetap cemerlang mengkilap, tampak bersih. Ini menjadi pilihan saya dan suami saat kami mencari jenis lantai yang cocok untuk rumah kami. Saya baru tahu bahwa harganya lumayan lebih mahal ketimbang jenis lantai lainnya. Saya ketahui hal ini saat berkunjung ke toko bahan bangunan di sini. Namun bila anda ingin tetap menggunakan lantai kayu dengan harga yang terjangkau, anda bisa menggunakan lantai kayu berbahan vinnyl.

Meski begitu, tidak semua lantai rumah saya berbahan kayu parket. Ada juga bagian rumah berlantai keramik dan ada pula yang berbahan vinnyl.

Saya pikir mengapa rumah di sini berlantai kayu, karena lantai kayu itu rasanya lebih hangat. Coba anda rasakan saat musim dingin dengan suhu mencapai minus nol derajat, rasanya saya enggan menginjak ruang toilet pribadi saya yang berlantai keramik. Itu sebab layak jika banyak orang di sini menghiasi lantai rumahnya dengan lantai kayu atau lantai kayu parket.

Berikut adalah hasil pengalaman membersihkan lantai kayu berbahan parket.

1. Bersihkan lantai kayu parket dengan penyedot debu. Itu pun saya tidak melakukan sesering mungkin. Jika lantai sedikit kotor, saya cukup menggunakan sapu tangan. Lantai kayu parket itu mudah dibersihkan dan tampak mengkilap. Menariknya di sini, ada sapu tangan yang memudahkan membersihkan hanya pada bagian tertentu saja yang kotor. Setelah lantai bersih, cukup dilap dengan gunakan lap basah, yakni sedikit air.

2. Setelah dibersihkan, saya gunakan pembersih lantai khusus untuk lantai kayu parket. Untuk membersihkannya, saya pakai kain pel kain berbahan lembut.

3. Tidak membersihkan dengan air terlalu banyak karena ini bisa membuat lem pada dasar laintai terkelupas.

4. Tidak menggosok-gosok lantai terlalu kuat karena ini bisa merusakkan permukaan lantai.

Itu tadi tips dari saya. Siapa tahu anda memang membutuhkannya.