ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Dresden (2): Ini Tempat Wajib Dikunjungi Bagian Pertama

Zwinger, tampak dalam.

Sebagaimana cerita saya sebelumnya di link ini, saya dan suami berkunjung ke Dresden, yang letaknya di timur. Dresden itu berbatasan dengan negara Ceko. Dresden dikenal sebagai kota cantik, tidak hanya bangunan baroque saja yang menghiasinya tetapi juga bangunan bergaya rococo. Apa itu bangunan rococo? Anda akan bisa melihat gaya bangunan yang berukir seperti tanaman merambat menghiasi bangunannya.

Kami puas seharian berjalan menikmati kota ini. Jika anda datang di musim sommer seperti sekarang, musim panas maksudnya maka anda bisa menyelusuri sungai Elbe. Tour guide akan memperkenalkan anda mengenai sejarah kota Dresden dan bangunan-bangunan yang berada di sisi sungai. Untuk menikmati tur ini, terakhir kali kami membayar 19€ per orang.

Selanjutnya, saya akan membawa anda di bagian pertama pada bangunan-bangunan yang ada di Dresden.

1. Zwinger

Gerbang luar.

Ini adalah tempat menakjubkan di Dresden menurut saya. Sekilas bangunan ini seperti istana, tetapi ada taman yang indah namun tertutup seperti benteng pertahanan. Ini yang diperlihatkan Zwinger yang berasal dari bahasa Jerman. Bangunan yang didirikan sejak abad 12 ini, tidak dapat diprediksi kapan tepatnya selesai karena pembangunannya yang benar-benar menakjubkan. Kini Zwinger lebih dikenal sebagai museum, tempat menyimpan Old Master Picture, museum porselen juga Royal Cabinet of Mathematical and Physical Instruments.

Saat kami datang, banyak orang di situ duduk di taman bersama keluarga atau sekedar menikmati keindahannya. Sementara yang lain tampak sibuk berfoto di berbagai spot yang indah. Tempat ini pada dasarnya gratis tetapi jika anda penasaran untuk masuk ke dalam musem, anda perlu bayar. Saran saya, datang di musim semi atau musim panas akan membuat suasana tempat ini begitu indah.

2. Gereja Frauenkirche

Monumen Martin Luther tampak depan gereja.

Dahulu ini adalah gereja katolik, bahkan dahulu gereja ini bisa dikatakan katedral. Berangsur-angsur gereja ini menjadi gereja Lutheran setelah terjadinya reformasi gereja. Bahkan untuk menandainya, ada patung Martin Luther di depan gereja. Jika di beberapa kota di Jerman ditemukan Frauenkirche adalah gereja katolik, maka ini justru adalah gereja Lutheran.

Bergaya bangunan baroque yang tampak pada bentuk kubah dan interior gereja, gereja ini menyimpan misteri sejarah peradaban dari waktu ke waktu. Gereja ini pernah menjadi saksi perang, dimana gereja sempat hancur menjadi korban perang. Rekonstruksi dan perbaikan untuk kembali ke bentuk asli memerlukan waktu yang tak singkat. Kata suami, saat dia datang pertama kali, gereja ini pun mendapatkan renovasi. Saat kami datang juga, ada perbaikan di beberapa sisi.

3. Semperoper

Ini adalah bangunan opera yang megah dan indah yang pernah saya lihat menurut saya. Semperoper juga bisa dilihat dari sisi sungai Elbe. Mengapa indah? Ada tiga gaya arsitektur pada bangunan ini antara lain baroque, renaissance and greek classical revival. Secara lengkap bangunan opera ini selesai dibangun pada akhir abad 19.

4. Dresden Castle

Saat kami tiba di sana, ada informasi perbaikan untuk kastil selama kurun waktu tertentu. Amat disayangkan kami tak sempat berkunjung ke kastil yang indah itu. Padahal di kastil ini tertera silsilah kerajaan Saxony yang dulu pernah berjaya.

5. Old & New Green Vault

Ini adalah bangunan bergaya baroque seperti kamar-kamar bersejarah yang menyimpan harta karun dan karya seni. Mengapa disebut gedung hijau? Saya sendiri tidak tahu alasannya. Padahal isi gedung adalah pameran yang unik peninggalan kerajaan juga. Gedung ini juga menyatu dengan kastil yang sekarang sedang direnovasi.

6. The Fürstenzug

The Fürstenzug dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai arak-arakan kerajaan. Di sini kita bisa menemukan mural besar berisi silsilah penguasa Saxony. Mural ini menggambarkan leluhur yang pernah menjabat di Dresden sejak berdirinya Dinasti Wettin. Letak mural ini pun tak jauh dari dua lokasi yang saya ceritakan di atas.

So, nantikan cerita saya yang lain!

Advertisements

Categories: ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Tagged as: , ,

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.