FOOD

Gemüse Füllung Palatschinken, Pancake Gulung Isi Sayur: Makanan Khas Jerman (55)

Menjadi seorang vegetaris merupakan pilihan bagi mereka dengan ragam alasan tertentu. Salah satunya adalah teman mahasiswa asal Jerman. Dia tergolong berusia lebih muda daripada saya dan mengklaim diri adalah seorang vegetaris. Dia tidak makan daging, tetapi masih mengkonsumsi susu, telur, keju dan sejenisnya. Menariknya, di Jerman sudah berkembang pilihan menu vegetaris di restoran.

Menu ini adalah menu makan siang di kantin kampus. Di kantin kampus atau biasa disebut sebagai mensa memang kerap menyediakan menu vegetaris sebagai pilihan menu mahasiswa yang lain. Karena saya sedang bersama dengan teman vegetaris, saya jadi mengamati menu yang dipilihnya. Menu ini adalah makanan khas Jerman, gemüse füllung palatschinken.

Palatschinken memang bukan hal baru dibahas di blog ini. Anda bisa menyimaknya di ulasan saya tentang palatschinken di waktu lalu. Palatschinken biasa disebut juga pancake. Sebelumnya saya membahas palatschinken berbentuk dessert dan manis. Itu sebagai hidangan pencuci mulut. Berbeda dengan palatschinken yang saya bahas sekarang, palatschinken ini berisi sayuran yang dikemas menjadi menu makanan utama.

Saya membuatnya di rumah berdasarkan resep dari ibu mertua. Silahkan dicoba!

Untuk pembuatan pancake seperti biasanya, yakni tepung, susu, garam dan butter. Setelah semua dicampur maka bisa dituang menjadi adonan tipis di wajan datar seperti teflon misalnya. Lalu siapkan bahan isian sayuran berikutnya yang juga sama mudahnya.

Potong kecil-kecil semua sayuran yang dikehendaki seperti wortel, kentang, daun bawang dan seledri jika suka. Tumis semua sayuran selama lima menit. Kemudian beri bumbu seperti garam, oregano, merica dan sedikit pasta tomat. Masak hingga matang.

Langkah terakhir adalah menyisipkan sayuran yang dimasak ke dalam pancake. Siapkan pancake di wadah yang bisa digunakan untuk oven. Isi di tengah pancake tumisan sayuran. Lipat lagi pancake menjadi dua bagian. Panggang dalam oven panas 150 – 200 derajat celcius. Sajikan dengan parutan keju mozarella di atasnya.

Bagaimana menurut anda?

Advertisements

Categories: FOOD

Tagged as: ,

2 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.