Samosa, Gorengan Isi Sayuran: Makanan Khas India (6)

Makanan vegetaris selanjutnya yang akan saya perkenalkan berasal dari India. Awal saya melihat ini di restoran India, saya berpikir ini adalah tahu isi. Setelah saya mencicipinya, saya baru tahu bahwa ini bernama samosa, semacam gorengan ala jajanan India.

Pasti anda penasaran, apa itu samosa kan?

Samosa itu biasa disajikan di India sebagai makanan pembuka atau camilan juga. Jika dirasakan, samosa berasa gurih dan ada banyak rempah di dalamnya. Ini terbuat dari kentang yang sudah direbus kemudian dihancurkan. Ada bumbu kacang lentil, bawang, kacang polong dan berbagai sayuran yang dikehendaki. Setelah isian sayuran dimasukkan dalam kulitnya yang berbentuk kerucut atau segitiga, samosa digoreng hingga berwarna kecokelatan.

Namun sebenarnya, isian samosa itu bisa bermacam-macam tergantung selera si pembuat. Ada yang mengatakan samosa berisi daging kambing. Ada pula yang berisi daging kepiting. Intinya, samosa itu gorengan berasa rempah. Aslinya samosa itu berisi sayuran yang mudah, murah dan nikmat sebagai camilan.

Setelah ditelusuri, samosa itu paling banyak berbentuk segitiga atau kerucut. Jika disandingkan dengan gorengan asal Indonesia, ini mungkin seperti pastel. Hanya saja, kulit pastel dan samosa itu terbuat dari dua bahan yang berbeda. Jika pastel terbuat dari tepung, sedangkan samosa itu terbuat dari kentang yang dihancurkan. Rasa samosa sedikit mirip dengan perkedel.

Apakah benar samosa itu dari India?

Ada yang mengklaim samosa tidak hanya ada di India. Samosa diklaim juga Sambosa untuk beberapa kenalan saya dari Mediterania, Syria, Afghanistan atau Iran. Rupanya migrasi membawa pengaruh kuliner hingga ke berbagai tempat. Contohnya, saya pernah menemukan samosa juga di Malaysia waktu traveling tempo lalu.

Meski begitu, bentuk samosa tetap sama yakni segitiga atau kerucut. Anda layak mencobanya jika anda pergi traveling ke berbagai negara yang saya sebutkan di atas. Atau mungkin samosa sekarang juga sudah ada di restoran di Jakarta? Mungkin saja.

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

2 thoughts on “Samosa, Gorengan Isi Sayuran: Makanan Khas India (6)”

  1. Di minimarket sayabisa menjumpai makanan ini, mbak. Bukan alpha atau indomart sih. Saya tahunya juga asal makanan ini dr Timur Tengah.

    Cocok buat cemilan dan teman ngopi atau ngeteh.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.