4 Kreasi Salad Pembuka Ini Dari 4 Negara

Saya kerap mengulas salad baik sebagai makanan utama maupun makanan pendamping. Bagaimana pun salad memang bukan sekedar tumpukan sayuran belaka, tetapi salad memang diracik dengan saus yang enak agar tetap lezat dinikmati. Itu sebab kekuatan utama rasa salad saya pikir ada pada komposisi aneka isian salad dan saus yang menguatkan rasanya.

Berikut ini saya bagikan kepada anda, empat salad yang saya nikmati dari empat restoran khas dari empat negara berbeda. Di sini salad sebagai makanan pembuka dikenal dalam bahasa Jerman ‘vorspeise’ dan bisa juga dikenal sebagai ‘beilagensalat’.

Artikel ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran bagaimana mereka meracik salad agar tetap enak disajikan kepada tamu restoran.

1. Yunani

Jika anda berkunjung ke restoran khas Yunani di sini maka anda biasanya mendapatkan salad pembuka. Salad pembuka dihadirkan untuk tamu sambil menunggu pesanan makanan anda. Seperti yang anda lihat pada foto, bagaimana salad tersebut menurut anda?

Salad ini umumnya disajikan dalam porsi kecil. Isiannya ada irisan kol, peperoni, tomat dan buah zaitun. Salad pada makanan mediterania seperti ini biasanya rasa sausnya hanya cuka dan minyak zaitun sedikit. Ada tambahan sedikit garam. Lalu buah zaitun juga menjadi menjadi kekhasan dalam makanan mediterania.

2. Austria

Salad kedua adalah salad dari negeri tetangga Jerman, Austria. Umumnya kuliner Austria tak ubahnya makanan di tempat saya, termasuk salad. Saat kami memesan makanan di restoran lokal, maka pramusaji akan menyediakan salad pembuka untuk makanan utama yang memerlukan salad. Karena tidak semua menu pesanan pasti mendapatkan salad pembuka.

Seperti yang anda lihat dalam foto, isian salad terdiri atas irisan daun salada air, sedikit kol merah, tomat dan irisan telur rebus. Untuk saus salad yakni mayonnaise dengan bumbu racikan si Chef dapur. Ada yang menambahkan mustard, namun ada pula memakai madu. Dalam saus ada rasa asam manis yang menyatu.

3. India

Untuk salad ketiga, saya pilihkan dari restoran khas India. Ini memang tidak bisa digenaralisasikan pada kuliner India, tetapi saya mendapati salad pembuka di restoran India di Jerman. Salad pembuka ini diberikan untuk pesanan tertentu saja.

Seperti yang anda lihat pada foto, salad ini terdiri atas irisan kol, kol merah dan irisan wortel mentah, irisan tomat, irisan timun dan irisan nanas. Ada irisan daun peterseli sebagai topping. Untuk sausnya, tentu kuliner India tak lepas dari yoghurt. Sausnya berasa asam manis dan garam masala yang menjadi rempah khas India menjadi penguat rasa.

4. Jerman

Terakhir adalah salad pembuka dari tempat tinggal saya sekarang. Salad pembuka diberikan sebagai pendamping makanan utama. Seperti yang anda lihat pada foto, salad ini terdiri atas irisan kol, irisan wortel, irisan paprika, irisan timun dan tomat. Sebagaimana salad pada nomor 2, saus salad berasa asam manis. Biasanya saus salad adalah campuran mayonnaise, mustard dan racikan bumbu dari Chef dapur restoran. Ini menjadi rahasia masing-masing restoran.

Kira-kira salad pembuka mana yang anda sukai?

2 thoughts on “4 Kreasi Salad Pembuka Ini Dari 4 Negara

  1. Saya biasanya hanya sempat memakan salad di resto umum seperti Pizza Hut, dan Hoka-2 Bento. Suka juga sih. Sayangnya makanan sehat seperti ini malah kurang populer di Indonesia. Apalagi di kalangan menengah ke bawah. Mungkin karena bumbu2 seperti mayonise atau mustard kurang akrab dipakai di dapur nusantara. Lebih banyak bumbu2 bercitarasa pedas dan gurih seperti cabe dan bawang. Karena itu barangkali pecel atau urap lebih akrab dengan lidah Indonesia. Seperti saya hehehe.

    Btw, salad is oke mbak Anna. Bagus sebagai gaya hidup sehat.
    salam

    Liked by 3 people

Leave a comment