TRAVELING

Dresden (4): Enam Tempat Lainnya yang Dikunjungi

Monumen di dekat Bruhl’s terrace.

Dresden adalah ibukota dari negara bagian Saxony. Saya sudah mengulas sebagian hasil kunjungan saya sebelumnya di link ini. Di ulasan ketiga, saya masih membahas enam tempat lainnya yang belum dibahas. Kesimpulannya, Dresden layak dikunjungi karena indah dan bersejarah.

Albertinum dari sisi lain.

Empat tempat berikut letaknya masih berdekatan di sekitaran kota tua (baca: Altstadt), sedangkan hanya satu tempat yang letaknya cukup jauh dijangkau bila berjalan kaki, yakni Yenidze. Ada beberapa cara menikmati Dresden seperti yang saya tulis di sini.

Langsung saja, berikut lima tempat lainnya.

1. Albertinum

Albertinum bisa dikatakan akademi seni di kota Dresden. Albertinum adalah museum seni modern yang dibangun dengan gaya arsitektur reinaissance. Bangunan ini dinamai oleh Raja Saxony pada waktu itu, yakni Raja Albert. Di sini terdapat ruang-ruang indah yang memamerkan karya seni dunia seperti patung yang indah tempo abad 18. Gedung ini menyimpan new art gallery. Sebut saja Caspar David Friedrich, Claude Monet hingga Gerhard Richter. Di sini juga menyimpan koleksi patung seni Dresden.

Patung Ludwig Richter, juga adalah seniman yang karyanya diabadikan di Albertinum.

2. Brühl’s Terrace

Berjalan menjauh dari Albertinum, ada Brühl’s terrace yang pasti membuat anda berdecak kagum. Nama Brühl berdasar dari Heinrich von Brühl yang menginisiasi pembangunan ini pada abad 18. Dibangun secara bertahap hingga abad 19, balkon ini dihiasi patung indah, air mancur hingga tanaman khusus sehingga teras cantik ini mendapat julukan “The Balcony of Europe”.

Ini gratis dan bebas dikunjungi. Banyak orang senang duduk di bangku-bangku yang disediakan. Selain indah untuk berfoto, dari sini anda akan melihat pemandangan sungai Elbe dan neu alstadt. Bangunan teras yang indah dihiasi karya baroque yang membuat mata berdecak kagum karena begitu mempesona.

3. Dresden Fortress

Tak jauh letaknya dari Brühl’s Terrace, tampak benteng yang kokoh namun juga indah. Banyak orang datang menikmati pemandangan kota Dresden dari situ atau mereka mengambil foto di beberapa spot. Benteng ini dibangun menyerupai cincin yang menjadi struktur kota menandai gaya arsitektur renaissance. Ada jembatan, gerbang kota bahkan susunan saluran air yang menandai bahwa ratusan tahun lalu Dresden sudah memiliki peradaban yang maju dan lengkap. Anda bisa menyimaknya di bawah Bruhl’s terrace.

4. Promenade sungai Elbe

Ikut kapal wisata.

Olahraga air lainnya.

Selanjutnya turun ke bawah, ada restoran, biergarten tentu promenade sungai Elbe. Layaknya turis anda bisa menikmati bir lokal sambil menyantap kuliner lokal. Dengan indahnya musim panas, pemandangan sungai Elbe semakin cantik. Anda bisa datang dan memesan tur kapal wisata selama satu setengah jam di sini. Banyak juga orang memanfaatkan sungai Elbe dengan boat pribadi atau olahraga air lainnya.

Atau duduk menikmatinya di bangku yang disediakan.

5. Yenidze

Semula saya berpikir ini adalah masjid berdasarkan bentuk kubahnya. Rupanya arsiteknya memang meniru dari bangunan masjid. Bangunan yang dibangun awal tahun 1900-an adalah pabrik rokok. Namun kini bangunan ini lebih dimanfaatkan sebagai perkantoran.

6. Neumarkt

Terakhir adalah area bisnis seperti kafe, restoran dan shopping center. Letaknya di kota tua sehingga ini menjadi atraksi bagi turis untuk berbelanja sovenir, menikmati kuliner atau sekedar cuci mata.

Advertisements

Categories: TRAVELING

Tagged as: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.